Berita  

TKN Jokowi Juga Klaim Ada Laporan 25 Ribu Tindak Kecurangan

Jakarta, KabarBerita.id — Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin mengklaim juga menerima 25 ribu pengaduan dugaan pelanggaran Pemilu 2019.

Hal itu merespons usulan Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Fadli Zon tentang pembentukan panitia khusus (pansus) dan tim pencari fakta kecurangan pemilu.

Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf Hasto Kristiyanto menyebut pengaduan yang masuk terdiri dari beragam kasus.

“Ada kami menerima laporan-laporan pengaduan dan dari total pengaduan yang kami terima bentuk-bentuk kecurangan 25 ribu (pengaduan),” kata Hasto di Rumah Aspirasi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, (25/4).

Hasto mengatakan beberapa jenis kecurangan yang diterima TKN yakni salah satunya money politic (politik uang). Ia berkata money politic yang terdapat dalam laporan diketahui terjadi secara masif.

Bahkan, ia mengklaim ditemukan simbol dua dalam praktik money politic yang diterima oleh TKN. “Simbol 2 itu dua ratus ribuan (rupiah). Kami temukan itu di Jawa Barat, di Jawa Timur,” ujarnya.

Terkait dengan temuan itu, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu mengklaim masih dalam proses penyeleksian. Sebab, ia menyebut laporan itu nantinya ada yang dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu dan untuk menghadapi sengketa Mahkamah Konstitusi.

“(Sengketa pemilu di MK) Kami berharap itu tidak dilakukan karena proses pemilu dengan selisih yang cukup tebal,” ujar Hasto.

Tinggalkan Balasan