Tidur dengan Lampu Menyala, Dapat Tingkatkan Gula Darah

Ilustrasi tidur siang

Jakarta, KabarBerita.id –sebagian orang merasa nyaman ketika tidur dengan lampu menyala. Padahal paparan cahaya saat tidur dapat berdampak negatif bagi kesehatan salah satunya meningkatkan detak jantung dan kadar glukosa dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti dari Northwestern university di Chicago, Menemukan bahwa paparan cahaya buatan di malam hari dapat meningkatkan detak jantung ketika tidur dan mengganggu metabolisme glukosa keesokan paginya.

Paparan cahaya tersebut ditemukan bisa merusak glukosa dan regulasi kardiovaskular hingga meningkatkan faktor resiko penyakit jantung dan sindrom metabolik.

Dilansir medical news today para peneliti telah menemukan bahwa paparan dengan pencahayaan ruangan tinggi meningkatkan detak jantung ketika tidur dan Resistensi insuliin keesokan paginya.

Alasan detak jantung dan kadar insulin dapat meningkat ketika tidur dengan lampu menyala juga bisa disebabkan oleh kebangkitan gairah selamat tidur. Selain itu cahaya juga dapat mempengaruhi jam sirkadian dan mempengaruhi Sekresi melatonin.

Para peneliti menyimpulkan bahwa menghindari cahaya buatan ketika tidur dapat bermanfaat bagi kesehatan Cardio Metabolik.

Tinggalkan Balasan