Tertawa Jadi Salah Satu Cara Cepat Turunkan Kolesterol

Jakarta, KabarBerita.id — Tingginya kadar kolesterol dalam darah, dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, salah satunya yakni penyakit jantung.
Bagaimana cara cepat menurunkan kolesterol?
Tidak perlu khawatir, karena kolesterol yang tinggi masih bisa diturunkan ke batas normal.

Ada beberapa cara cepat menurunkan kolesterol yang bisa dilakukan sehari-hari. Anda bisa menurunkan kolesterol LDL “jahat” dan meningkatkan kolesterol HDL “baik”.

Ahli jantung di Lenox Hill Hospital New York Suzanne Steinbaum, sebagaimana dilansir dari WebMd mengatakan cara terbaik menurunkan kolesterol adalah memulai kebiasaan baru yang lebih sehat.

Berikut ini adalah beberapa cara cepat menurunkan kolesterol jahat yang dapat dilakukan sehari-hari.

1. Bergerak
Bergerak bisa dengan berjalan santai atau olahraga ringan minimal 30 min setiap hari cukup untuk menurunkan kolesterol jaahat yang ada di dalam tubuh.

mulailah dengan perlahan apabila anda sebelumnya tergolong orang yang malas gerak. Anda dapat memulai dengan berjalan santai 10 min.

2. Makan serat
Makanan seperti oatmeal, apel, plum, dan kacang-kacangan kaya akan serat larut, yang mencegah tubuh Anda menyerap kolesterol.

Makan lebih banyak serat dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga tidak akan terlalu menginginkan Camilan.

3. Pilih makan protein hewani dari ikan
Tidak hanya lemak omega-3 dalam ikan yang menyehatkan jantung. Ternyata mengganti daging merah dengan ikan akan menurunkan kolesterol dengan mengurangi paparan lemak jenuh yang berlimpah dalam daging merah.

Namun tetap harus hati-hati karena beberapa jenis ikan seperti hiu, ikan todak, dan king mackerel, mengandung merkuri tinggi. Ikan-ikan tersebut bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Sebagai gantinya, pilihlah salmon liar, sarden, dan tuna sirip biru.

4. Tertawa
Tertawa dapat meningkatkan kolesterol baik atau HDL. Anda mungkin bisa memulainya dengan melihat video hewan peliharaan konyol secara online atau menonton film lucu.

5. Berhenti merokok
Melansir Mayo Clinic, manfaat berhenti merokok untuk menurunkan kadar kolesterol cukup cepat dan besar. Dalam waktu 20 menit setelah berhenti, tekanan darah dan detak jantung pulih dari lonjakan akibat rokok.

Dalam tiga bulan setelah berhenti sirkulasi darah dan fungsi paru-paru akan mulai membaik. Dalam satu tahun berhenti resiko penyakit jantung menurun hingga setengah.

Tinggalkan Balasan