Surga Berau tak Hanya Derawan

  • Bagikan

Berau, KabarBerita.id — Siapa yang menyangsikan keindahan surga Nusantara bernama Pulau Derawan. Pulau eksotik milik Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini adalah destinasi wisata bahari kelas dunia.

Wisatawan bisa berlama-lama mengagumi keindahan dunia bawah laut Pulau Derawan dengan snorkeling atau diving. Soal pantai putih dan birunya air laut tak usah ditanya.

Pulau Derawan di Berau hanyalah salah satu gugusan pulau wisata yang masuk dalam wilayah Kepulauan Derawan. Ada banyak destinasi pulau wisata yang tak kalah indah yang terdapat di Berau.

Kepulauan Derawan sendiri memiliki beberapa gugus pulau wisata. Selain Pulau Derawan adalah Pulau Kakaban, Pulau Maratua dan Pulau Sangalaki. Masing-masing menawarkan pengalaman keindahan alam yang memesona.

Pulau Sangalaki misalnya. Salah satu daya tariknya adalah penyu laut. Saat menyelam atau snorkeling, kita bisa berenang bersama para penyu laut di air yang jernih.

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan. Jangan lupakan juga soal pantainya yang bersih dan pasir putihnya yang melengkapi keindahan panorama pantai yang tenang dan indah.

Pulau Sangalaki semakin menarik dengan penginapan nyaman di atas laut. Pemandangan laut bisa 24 jam kita nikmati dari penginapan ini.

Jangan lupakan Pulau Maratua. Ciri khas pantai pasir putih yang bersih pasti didapatkan di setiap pantai di Kepulauan Derawan. Termasuk Pulau Maratua.

Pulau Maratua memiliki ombak yang landai. Sehingga sangat pas sebagai tempat melepas penat dengan bersantai dan menikmati semilir angin laut. Suasananya yang tenang membuat Pulau Maratua sebagai satu destinasi yang pas untuk ‘melarikan diri’ sejenak dari rutinitas.

Mau merasakan sensasi berenang bareng ubur-ubur tanpa takut disengat? Pulau Kakaban di Berau jawabannya. Disini kita bisa bebas berenang bersama ubur-ubur yang sangat bersahabat dengan manusia.

Ubur-ubur di Pulau Kakaban tidak menyengat karena tidak ada predator disana. Ubur-ubur ini letaknya di Danau Kakaban di Pulau tersebut. Jadi, kita bisa merasakan sensasi baru berenang bersama ubur-ubur di air yang jernih hanya di Pulau Kakaban. Sudah terbayang hasil foto bawah laut berenang bareng ubur-ubur?

Bahkan kita bisa memegang ubur-ubur dengan jinak dengan sentuhan yang lembut. Meski tidak menyengat, kita diwajibkan tetap menjaga habitat ubur-ubur disana. Jangan melompat atau terjun atau mengotori Danau Kakaban ya agar ubur-ubur langka ini bisa tetap lestari.

Wisata Non Laut

Datang ke Berau tapi ingin mencoba wisata lain selain wisata laut? Tenang, banyak keindahan alam yang ditawarkan di Berau. Mari kita intip wisata selain bahari di Berau.

Danau Labuhan Cermin

Pernah lihat foto kapal melayang? Ilusi optik itu didapat karena air di bawah kepal teramat jernih. Sehingga seolah-olah kapal bisa melayang.

Di Danau Labuan Cermin, kita mendapatkan pengalaman itu. Kejernihan air danau sampai ke dasar akan membuat pengalaman tak terlupakan.

Keunikan Danau Labuhan Cermin juga adanya dua rasa air di dalamnya yakni air asin dan air tawar. Fenomena alam disebut juga sebagai Meromictic lake.

Wisata Air Terjun Pahlawan

Wisata Air Terjun Pahlawan ini menawarkan pesona keindahan air terjun pegunungan yang menakjubkan. Bahkan air terjun ini diperbolehkan untuk mandi atau sekadar bermain air dingin untuk membasahi kaki.

Lokasi dari air terjun ini berada di Tabalar, Kecamatan Tuban, Kabupaten Berau. Di tempat wisata ini juga banyak sekali pepohonan khas pegunungan yang akan membuat wisatawan enggan untuk beranjak pergi.

Wisata Air Panas Asin Biatan

Wisata Air Panas Asin Biatan ini memiliki pesona alam berupa kesegaran air panas dan asin. Di tempat wisata ini wisatawan juga bisa mengobati sakit kulit dengan kemurnian panasnya. di tempat ini juga belum banyak perubahan, masih sangat alami dan asri karena belum banyak wisatawan yang mengetahui.

Nah itu baru sekelumit beberapa wisata alam yang terdapat di Kabupaten Berau. Lewat fasilitas transportasi dan akomodasi yang nyaman, kita bisa mengagendakan perjalanan seru ke Kabupaten Berau. Tentu dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan