Studi : Pria yang Hidup Sendiri Lebih Rentan terhadap Penyakit

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Gaya hidup pria membujang ternyata tidakbaik untuk kesehatan. Studi terbaru menyatakan pria yang bertahun-tahun hidup sendiri dapat menyebabkan peradangan dan lebih berisiko terhadap beberapa penyakit. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal BMJ menganalisis 4.835 sampel darah pria dan wanita. Peneliti lalu memeriksa tingkat peradangan pada setiap orang. Peneliti juga melihat hubungan yang dijalani, yaitu seperti sudah putus, cerai atau hidup sendiri.

Hasilnya, pria yang bercerai atau hidup sendiri selama bertahun-tahun memiliki tingkat peradangan lebih tinggi. Namun pada wanita, tidak ditemukan adanya efek ini.

Peter Libby ahli Kardiovaskular menjelaskan, bahwa hidup sendiri berkaitan erat dengan kesepian. Kondisi ini dikaitkan dengan meningkatkan hormon stres, sehingga memicu terjadinya peradangan sistem saraf.

Peradangan merupakan awal kemunculan penyakit kronis. Peradangan yang terjadi di sel maupun organ yang tidak ditangani dengan tepat dapat merusak organ dan berkembang menjadi penyakit. Peradangan merupakan faktor utama penyebab penyakit jantung dan kanker. Kondisi ini juga bisa meningkatkan risiko kematian dini.

Libby menyarankan supaya para pria meningkatkan gaya hidup sehat dan banyak bersosialisasi untuk mengurangi kesepian dan stres yang terjadi karena mereka hidup sendiri.

Setiap orang disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga teratur, istirahat yang cukup, dan juga mengelola stres.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan