Berita  

Sri Mulyani Geram Kementerian Kerap Habiskan Anggaran di Akhir Tahun

Menteri Keuangan, Sri Mulyani

Jakarta, KabarBerita.id — Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku Kementerian/Lembaga (K/L) masih gemar merealisasikan anggaran menjelang akhir tahun. Hal ini, menurut dia, membuat pengelolaan anggaran pemerintah jadi tak efisien.

“Desember itu antara tanggal 1-20 sebelum kami sampaikan ini hari terakhir (pelaporan), seluruh kegiatan melonjak tinggi, semua hotel penuh semua orang melakukan rapat kerja,” kata Sri Mulyani di kantornya, Rabu (20/2).

Ia pun mengingatkan Kementerian/Lembaga untuk menerapkan prinsip nilai dari uang. Ia menyebut belanja anggaran yang menumpuk di akhir tahun membuat persediaan uang terlalu banyak dan menimbulkan ketidakefisienan.

“Uang setiap hari ada harganya. Jadi kalau kami membuat persedian uang terlalu banyak, itu juga tidak efisien,” tegasnya.

Menurut Sri Mulyani, setiap rupiah dalam APBN berasal dari pajak yang dihimpun dari masyarakat hingga utang. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu juga mengingatkan masyarakat berhak meminta pertanggungjawaban kepada K/L terkait pengelolaan anggaran.

“Sehingga kalau tidak digunakan dengan tepat, efektif, dan efisien ia tidak hanya sekadar menciptakan pemborosan tapi juga hilangnya atau munculnya biaya karena uang tersebut sebetulnya bisa beredar di ekonomi,” paparnya.

Tinggalkan Balasan