Berita  

AS Simpulkan Korut yang Bunuh Kim Jong-nam

Donald Trump dan Kim Jong Un
Donald Trump dan Kim Jong Un

Washington, KabarBerita.id — Pemerintah Amerika Serikat menyimpulkan bahwa Kim Jong-nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dibunuh dengan menggunakan serangan kimia di Malaysia atas instruksi Pemerintah Korea Utara.

Kim Jong-nam meninggal setelah mendapat serangan dengan modus yang cukup aneh di bandara Kuala Lumpur pada 2017 lalu, yaitu ketika dua orang wanita mengoleskan racun agen saraf VX ke wajahnya.

Kedua wanita tersebut saat ini sedang menjalani proses pengadilan di Kuala Lumpur dengan tuduhan pembunuhan.

Lebih jauh pihak AS menegaskan bahwa mereka siap untuk menjatuhkan sanksi baru terhadap Korea Utara sebagai reaksi terhadap kasus pembunuhan tersebut.

” (Peristiwa pembunuhan) ini adalah pengingkaran terhadap norma universal terhadap penggunaan zat kimia dan memperlihatkan kecerobohan Korea Utara, dan kami tidak bisa mentolerir program pemusnah massal Korea Utara,” kata Heather Nauert, juru bicara Departemen Luar Negeri AS, sebagaimana dikutip BBC.

Pemerintah AS secara terus menerus menuduh Korea Utara sebagai dalang di balik serangan terhadap Kim Jong-nam. Namun tuduhan tersebut selalu dibantah Korea Utara.

Tinggalkan Balasan