Sejak 2023 ITB Kerja Sama dengan Pinjol untuk Pembayaran Uang Kuliah

Bandung, KabarBerita.id — Pihak civitas Institut Teknologi Bandung (ITB) menyebut sudah bekerja sama dengan aplikasi pinjaman online (pinjol) Dana Cita.

“Ya ITB sudah ada kerja sama dengan Dana Cita sejak Agustus 2023,” ungkap Kepala Humas ITB Naomi Haswanto, saat dihubungi, Jumat (26/1).

Pihak ITB mengatakan dengan aplikasi tersebut, mahasiswa tinggal membuka aplikasi dan melakukan pengajuan. 

Saat pembayaran, mahasiswa diberikan beberapa opsi seperti transfer bank, virtual akun, kartu kredit, dan pembayaran menggunakan Dana Cita.

Naomi mengatakan, bukan hanya ITB saja yang menggunakan aplikasi Dana Cita untuk pembayaran perkuliahan mahasiswanya. Ia menyebut ada beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta lainnya, yang juga bekerja sama dengan Dana Cita.

“Bila memperhatikan di linknya, ada banyak PTN-PTS yang juga telah bekerja sama dengan LKBB (Lembaga Keuangan Bukan Bank) tersebut. Bahkan beberapa PTN besar selain ITB sudah sejak 2022 atau lebih lama lagi,” katanya.

Terkait berapa mahasiswa yang telah mengajukan peminjaman ke Dana Cita, ia mengaku tidak mengetahui. Pasalnya, data tersebut berada di aplikasi Dana Cita.

“Yang memiliki data adalah pihak Dana Cita, silakan menghubungi,” pungkasnya.

Kampus ITB Bandung tengah ramai dibicarakan di media sosial X di mana pihak civitas menawarkan pembayaran kuliah dengan menggunakan platform pinjaman online (pinjol).

Dalam sebuah unggahan, terdapat selebaran yang berisi informasi cicilan kuliah bulanan, yang dikelola oleh pihak ketiga bernama Dana Cita.

Pada selebaran itu, terdapat program cicilan enam bulan hingga 12 bulan. Proses pengajuan tanpa down payment (DP) dan tanpa jaminan apa pun, layaknya aplikasi pinjol lainnya.

Tertera nominal pengajuan biaya pendidikan sebesar Rp12.500.000 dengan waktu 12 bulan. Nominal pengajuan biaya pendidikan tersebut dapat dicicil per bulan dengan biaya Rp1.291.667. Terdiri dari rincian durasi pembayaran 12 bulan, biaya bulanan platform 1.75 persen dan biaya persetujuan 3.00 persen.

Tinggalkan Balasan