Saudi Beri Izin Perempuan Umrah Tanpa Mahram, Apa Saja Syaratnya?

Jakarta, KabarBerita.id — negara Arab Saudi mengumumkan bahwa mereka telah mengizinkan perempuan untuk menjalani ibadah Umroh tanpa wakil laki laki atau mahram dengan sejumlah syarat.

Dilansir Saudi Gazette, kementerian Haji dan Umroh sau di mengumumkan hanya perempuan berusia 45 tahun ke atas yang boleh mengajukan visa Umroh tanpa mahram.

Akan tetapi perempuan 45 tahun ke atas tersebut tetap tidak boleh sendirian ketika menjalani Umrah. Mereka harus membentuk kelompok.

Kementerian Haji dan Umrah sedih menyatakan bahwa agen lokal Umrah harus membentuk kelompok perempuan tersebut. Selain itu pihak kementerian juga menegaskan bahwa perempuan di bawah 45 tahun yang ingin mengikuti Umrah tetap harus didampingi mahram.

Keputusan ini merupakan salah satu pelanggaran aturan Umrah terbaru yang diumumkan oleh saudi. Sebelumnya sudah juga mengizinkan orang yang belum di vaksin untuk mengikuti Umroh dan berdo’a di dua masjid Suci.

Terlepas dari Pandemi virus Corona, Arab Saudi sendiri memang mulai bersikap lebih terbuka terhadap perempuan dalam beberapa tahun terakhir.

Perempuan Saudi saat ini boleh masuk ke militer tadi Ijinkan untuk hidup sendiri tanpa wali. Tidak hanya itu perempuan juga diizinkan mengemudi hingga menonton film di bioskop.

Tinggalkan Balasan