Polda Metro Jaya Bakal Gelar Balapan Resmi untuk Pebalap Liar di Januari 2022

Jakarta, KabarBerita.id — Ditlantas Polda Metro Jaya akan menggelar ajang balapan resmi untuk para pebalap liar pada Januari 2022 mendatang. Lomba Ini adalah keinginan dari Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran yang ingin merangkul para pembalap liar di ibukota.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan kepada wartawan pada Jumat (17/12), “Lomba akan digelar pada bulan Januari 2022, maka mulai minggu depan kami sudah masuk timeline balapan resmi tersebut.”

Sebagai persiapan dan membahas terkait kelancaran lomba, pada tanggal 22 Desember akan diadakan focus group discussion (FGD) dengan pihak-pihak terkait. Peserta FGD yang akan diundang diantaranya Pemprov DKI Jakarta, Ikatan Motor Indonesia (IMI), para ahli mekanik, dan publik figur yang berkecimpung di dunia otomotif.

Sambodo mengatakan bahwa dalam FGD tersebut akan ditentukan konsep balapan antara street race, roadrace, atau drag race, serta bagaimana sistem perekrutannya. Kemudian baru dapat diputuskan untuk memilih sirkuit yang tepat.

Beberapa lokasi yang rencana dijadikan sirkuit lomba balap antara lain Kemayoran, Ancol, Bumi Serpong Damai, Pantai Indah Kapuk 2 dan beberapa lokasi lainnya.

“Ajang balap bagi para pebalap liar ini akan menjadi agenda rutin dan berkelanjutan. Race akan digelar per 3 bulan sekali, dan di akhir tahun, race keempat akan menjadi race final dari para juara-juara,” ucap Sambodo.

Sambodo menambahkan bahwa tidak menutup kemungkinan akan ada satu sirkuit yang memang kita siapkan untuk mereka para pebalap liar melakukan balapan resmi.

Alasan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran ingin menggelar balapan resmi ini adalah untuk mencegah dan mengurangi aksi balap liar di Jakarta. Karena aksi balap liar sangat membahayakan keselamatan orang lain dan juga membahayakan diri sendiri.

Fadil mengatakan, “Jadi balap liar itu bukan dimusuhi, bukan ditangkapi, tapi akan saya fasilitasi.”

Tinggalkan Balasan