Berita  

PLN Bisa Hemat Rp 2,4 Miliar/Bulan di NTT

Flores, KabarBerita.id — PLN hampir merampungkan transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV dari PLTP Ulumbu hingga Labuan Bajo Nusa Tenggar Timur (NTT). Transmisi ini terdiri dari SUTT 150 kV Ruteng – Ulumbu 72 titik tower dengan progress sudah mencapai 100 persen serta SUTT 150 kV Ruteng – Labuan Bajo 230 titik tower dengan progress mencapai 96,4 persen.

Direktur Bisnis PLN Regional Jawa bagian Timur, Bali dan Nusra, Djoko R. Abu Manan menyebutkan, beroperasinya transmisi ini disamping dapat memperkuat sistem Flores adalah berupa penurunan Biaya Pokok Produksi (BPP) dari BBM sebesar sekitar Rp 2,4 Milyar/bulan.

Selain itu, papar Djoko, dengan penyerapan beban daya PLTP Ulumbu pada LWPP line charge sampai ke Labuan Bajo, juga dapat meningkatkan peluang peningkatan pariwisata Labuan Bajo dimana saat ini potensi pelanggan sebesar 5,2 MW. “Estimasi ini berpotensi lebih tinggi apabila melihat gencarnya pembangunan hotel-hotel dan pelabuhan,” ujar Djoko.

Di samping itu, kata dia, transimisi ini juga akan dapat meningkatkan optimalisasi pembangkit energi baru dan terbarukan (PLTP Ulumbu) serta meningkatkan harga jual rata-rata sebesar Rp. 1.247/kWh.

PLN menargetkan pada 2019 seluruh kabupaten di Pulau Flores dapat menikmati pelayanan listrik yang andal dari keberadaan jaringan transmisi yang terhubung secara interkoneksi dan juga perluasan jaringan tegangan menengah ke desa-desa yang belum berlistrik melalui program Lissa (Listrik Desa).

Tinggalkan Balasan