Perempuan Saudi Akhirnya Diizinkan Punya SIM

Riyadh, KabarBerita.id — Pemerintah Arab Saudi kemarin mengeluarkan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi sepuluh perempuan setelah larangan mengemudi dicabut. Mereka menukarkan SIM yang sudah dibuat di luar negeri dengan SIM dari pemerintah Saudi.

Kerajaan Saudi akan mulai mengizinkan kaum hawa mengemudi tiga pekan pendatang. Pernyataan resmi dari kantor Kementerian Informasi mengatakan ada 10 perempuan yang sudah diberikan SIM. Mereka menjalani tes mengemudi singkat dan uji mata sebelum diberikan SIM di kantor Direktorat Umum Lalu Lintas di Riyadh, seperti dilansir laman Arab News, Selasa (5/6).

Menurut Kementerian Informasi, sekitar 2.000 SIM akan segera dikeluarkan bagi perempuan sampai pekan depan.

Video ketika seorang perempuan Saudi menerima SIMnya beredar luas di dunia maya. Sejumlah pengguna Internet mengekspresikan kegirangan mereka lewat media sosial.

“Beribu-ribu selamat kepada para perempuan di Tanah Air yang sudah mendapat SIM pertama di Arab Saudi,” kata cuitan pengguna dengan akun @saudalzamanan.

“Selamat. Saya ingin berteman dengan dia supaya kalau dia lewat saya bisa menumpang dan mengajak saya keliling Kota Riyadh,” kata Maryam (@m36010216).

“Terima kasih kepada Penjaga Dua Masjid Suci (Raja Salman), kami akhirnya bisa melihat SIM diserahkan kepada saudari perempuan kami oleh pemerintah SAudi. Sekarang kaum perempuan tidak hanya boleh mengemudi di luar negeri tapi juga di dalam negeri,” kata Louie Alfassi (@Loui-Alfassi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here