Pemerintah Arab Saudi Mulai Lirik Proyek Ibu Kota Negara (IKN)

Jakarta, KabarBerita.id — Pemerintah kerajaan Arab Saudi mulai melirik adanya peluang kerjasama dengan republik Indonesia terkait proyek pembangunan ibukota negara Nusantara.

Keinginan tersebut disampaikan oleh Duta besar kerajaan Arab sau di untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi, Senin (21/2).

Syekh Essam mengatakan dalam acara temu media di kedutaan besar Arab Saudi bahwa menteri koordinator maritim dan investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam waktu dekat akan berkunjung ke kerajaan Arab Saudi pada 1 Maret 2022.

Ia menambahkan kunjungan tersebut akan membahas peluang investasi antara kedua negara di sejumlah bidang, salah satunya terkait proyek ibukota negara yang akan segera diwujudkan oleh pemerintah Indonesia.

Ia melanjutkan bahwa kunjungan Luhut ke Saudi tentu bukan pertama kali terkait penjajakan kerjasama dengan negara Indonesia.

Namun demikian ia belum dapat memastikan detail kerjasama antara Saudi dan republik Indonesia mengenai ibukota negara karena rencana kunjungan tersebut sifatnya masih penjajakan.

pemerintah Indonesia saat ini mulai merencanakan pembangunan ibukota negara. Langkah awal yang dilakukan oleh presiden republik Indonesia adalah menunjuk kepala dan wakil kepala otorita paling lambat 15 April sesuai dengan ketentuan undang undang IKN Yang baru saja disahkan.

Sementara rencana pembangunan ibukota negara tahap awal yaitu periode 2022 hingga 2024 yang dibagi menjadi tiga bagian kerja. Ketiganya yaitu pembangunan Perkotaan, pembangunan ekonomi dan pembangunan infrastruktur.

Tinggalkan Balasan