Menangis Memiliki 5 Manfaat Bagi Kesehatan

Jakarta,KabarBerita.id — Apakah kamu termasuk orang yang sering menangis? Orang lain mungkin akan menganggap kamu orang cengeng.

Padahal dibalik itu, menangis memiliki 5 manfaat bagi kesehatan yang luar biasa. Dikutip dari Brightside, berikut lima manfaat menangis :

1. Dapat Mengurangi Stress

Jurnal National Institute of Health menerbitkan penelitian bahwa menangis bisa menurunkan stress seseorang, membuat badan dan fikiran lebih rileks karena sistem saraf parasimpatis akan aktif jika menangis sehingga bisa menenangkan fikiran.

2. Menurunkan Tekanan Darah
Penelitian menemukan menangis dapat menurunkan dan menstabilkan tekanan darah. Tangisan yang keras juga mampu menguatkan nadi. Jadi, jika kesal atau sedang marah, sebaiknya tidak dipendam terlalu lama karena bisa memicu tekanan darah tinggi.

3. Dapat Mengeluarkan Racun

Air mata yang mengalir bisa membersihkan mata dari debu dan kotoran. Penelitian yang dimuat dalam situs Medline Plus mengatakan hormon kortisol yang diakibatkan stress dapat berkurang dengan menangis. Itulah kenapa kita akan merasa beban kita hilang usai menangis.

4. Mengatasi Perubahan Mood

Perubahan suasana hati atau mood sering terjadi karena berbagai alasan. Kita sering merasa cemas dan resah, hal itu karena meningkatnya zat manganese di tubuh. Dengan menangis, zat manganese akan berkurang sehingga kita menjadi lebih tenang dan fokus.

5. Meringankan Rasa Sakit

Rasa sakit yang kita alami seringkali membuat menangis. Dari penelitian menunjukan bahwa menangis merupakan cara tubuh mengurangi rasa sakit karena ketika menangis maka hormon oksitosin dan endorfin akan terlepas dari tubuh. Hormon ini memiliki fungsi mengurangi rasa sakit secara fisik.

Tinggalkan Balasan