Manfaat Cicak Kering, Diyakini Bisa Jadi Obat Tradisional

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Sebagian orang mungkin merasa geli atau jijik dengan cicak. Apalagi cicak memiliki kemampuan memotong ekornya sendiri yang kian membuat sebagian orang bergidik.

Namun siapa sangka ternyata cicak memiliki manfaat kesehatan terutama cicak kering.
cicak kering telah lama menjadi salah satu obat tradisional Cina namun ternyata bukan hanya di Cina, di Indonesia pun cicak kering juga telah dibudidayakan.

Proses pembuatan cicak kering sendiri terbilang mudah. Sebelum siap untuk dikemas jadi ekspor cicak basah yang didapat produsen dicuci agar tidak ada kotoran yang menempel.

Setelah dicuci cicak-cicak itu akan ditata di sebuah wadah khusus, lalu dijemur di bawah sinar matahari hingga setengah mengering. Kemudian dimasukkan ke oven, setelah itu baru dikemas.

Jadi, apa saja manfaat cicak kering ini sampai menjadi salah satu komoditas ekspor di Medan?

Berikut manfaat cicak kering yang diyakini sangat ampuh untuk kesehatan manusia sebagaimana dilansir dari berbagai sumber;

1. Mengobati asma
Mengobati asma dengan cicak kering sudah dilakukan sejak dulu, sehingga hal ini sudah menjadi tradisi yang diturunkan secara turun temurun.

2. Mengatasi penyakit kulit

Cicak memang dianggap hewan yang menjijikkan, karena memiliki bentuk kulit yang sangat aneh. Namun selain menjijikkan, masyarakat Tionghoa telah memanfaatkan dagingnya sebagai media pengobatan penyakit kulit seperti gatal-gatal akibat alergi.

3. Mengatasi wasir
Mengonsumsi daging cicak putih kering dapat mengobati wasir. Banyak negara di China telah menggunakan daging cicak putih kering untuk mengobati penyakit ambeien ini. Sehingga penderita penyakit ini bisa sembuh dengan optimal.

4. Perlancar sistem pencernaan
Mengobati dan juga melancarkan sistem pencernaan tentunya sudah menjadi tradisi turun temurun masyarakat Tionghoa. Karena sebagian besar obat tradisional yang mampu melancarkan sistem pencernaan terbuat dari daging cicak kering.

5. Mampu mengobati kanker
Banyak penelitian yang mengatakan bahwa daging cicak putih mampu mengobati kanker. Ini karena daging cicak putih kering banyak mengandung protein.

Protein tinggi dalam daging cicak kering dipercaya mampu meregenerasi atau memulihkan sel-sel yang rusak akibat kanker atau efeknya setelah terapi. Sel-sel yang rusak perlahan akan pulih, sehingga penderita kanker akan sembuh. Karena itulah mengonsumsi suplemen berbahan dasar daging cicak putih kering mampu mengobati dan juga mencegah kanker.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan