Manfaat Baik Minum Air Hangat Bagi Tubuh

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Minum air putih dapat memberikan manfaat yang baik bagu tubuh, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Air putih juga mampu membantu kita untuk membantu sel tubuh lebih cepat menyerap nutrisi.

Air Putih diminum dalam kondisi hangat maupun dingin, keduanya juga memiliki manfaat bagi tubuh kita.

Manfaat air putih hangat adalah untuk diet. Walaupun belum ada penelitian mengenai manfaat air putih hangat bagi tubuh, akan tetapi tak bisa dipungkiri bahwa air putih hangat memang bisa menyehatkan tubuh.

Salah satunya, manfaat air hangat adalah untuk diet. Walaupun hal tersebut belum ada penelitian lanjutan mengenai manfaat air putih hangat bagi tubuh, akan tetapi tidak dipungkiri bahwa air putih hangat bisa menyehatkan tubuh.

Berikut 5 manfaat minum air hangat untuk tubuh :

1. Menyehatkan sistem pencernaan

Dilansir Medical News Today, dehidrasi kronis bisa menyebabkan konstipasi kronis.

Sembelit dapat membuat proses buang air besar terasa sakit dan menyebabkan perut kembung hingga wasir.

Minum air hangat dapat membantu mencerna makanan lebih cepat. Minum air hangat juga diketahui mengurangi risiko sembelit dengan mendukung buang air besar secara teratur.

2. Detoks tubuh

Pendapat Pendukung kesehatan alami dunia mengatakan bahwa air hangat dapat membantu proses detoksifikasi tubuh. Air yang cukup panas dapat menaikkan suhu tubuh seseorang bisa menyebabkan keringat.

Dengan tubuh berkeringat, maka tubuh bisa mengeluarkan racun dan dapat membantu membersihkan pori-pori kulit.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Air hangat merupakan vasodilator yang berarti dapat memperluas pembuluh darah dan juga dapat meningkatkan sirkulasinya.

Hal ini juga dapat membantu otot kita terasa rileks dan dapat mengurangi rasa sakit pada tubuh.

Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut yang menghubungkan air hangat dengan perbaikan sirkulasi darah, akan tetapi perbaikan singkat dalam sirkulasi dapat mendukung aliran darah yang lebih baik ke otot dan organ.

4. Menurunkan berat badan

Air putih dapat membantu tubuh untuk menyerap nutrisi dan membuang limbah tubuh.

Penelitian yang dilakukan pada sekitar tahun 2003, menemukan bahwa beralih minum air dingin ke air hangat dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Peneliti juga telah meneemukan, bahwa minum air hangat dengan takaran 500 ml sebelum makan dapat meningkatkan metabolisme hingga 30 persen.

5. Menurunkan stres

Studi juga telah menemukan, bahwa mengonsumsi air putih panas secara teratur dapat menurunkan stres dan mengurangi perasaan cemas.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan