Luncurkan Tabungan Utsman, Wako Bukittinggi : Berhenti Pinjam Rentenir

Bukittinggi, KabarBerita.id — kabar gembira bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Bukittinggi. Pemerintah kota Bukittinggi telah meluncurkan tabungan Utsman yang sekaligus dapat berfungsi sebagai pembiayaan yang merupakan kerjasama antara pemerintah kota dengan PT bank pembiayaan syariah jam Gadang. Peluncuran tersebut juga diresmikan oleh walikota Erman safar di Pelataran parkir Pendi pasar bawah Bukittinggi.

Walikota mengatakan melalui tabungan ini selain menabung masyarakat juga bisa menerima pinjaman di muka dengan Akkad pinjaman syariah.

Dengan sistem pinjaman syariah ini tidak ada riba di dalamnya dan masyarakat bisa menabung untuk pembayaran cicilan pokoknya setiap harinya.

Walikota juga mengungkapkan seluruh biaya yang timbul akibat peminjaman yang dilakukan masyarakat melalui tabungan utsman akan ditanggung oleh pemerintah kota Bukittinggi. Maka dari itu walikota menghimbau masyarakat supaya tidak lagi meminjam ke rentenir.

sementara itu sekertaris dinas koperasi UKM dan perdagangan Bukittinggi Wahyu Bestari, menjelaskan terkait peluncuran tabungan Utsman ini bertujuan untuk menunjang terlaksananya program pemulihan ekonomi nasional pasca Pandemi Covid-19. Selain itu program ini juga dalam upaya menjalankan program ekonomi syariah sesuai dengan prinsip adat basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah.

Program tabungan Utsman merupakan salah satu program dalam visi misi walikota Erman safar yang telah tertuang dalam rencana pembangunan Jangka menengah daerah kota Bukittinggi tahun 2021 hingga 2026.

Program ini sedianya diluncurkan pada Januari 2022 akan tetapi tertunda karena proses penyusunan regulasi yang membutuhkan waktu cukup lama.

Tinggalkan Balasan