Ketiak yang Gelap Bisa Mengisyaratkan Masalah Kesehatan

Jakarta, KabarBerita.id — Ketiak yang gelap tidak hanya mengganggu kepercayaan diri tetapi juga dapat menjadi petunjuk adanya masalah kesehatan. Meskipun bisa ditutupi dengan pakaian berlengan, terkadang Anda ingin tampil tanpa belenggu fashion tersebut, dan hal ini bisa memperlihatkan ketiak yang gelap.

 

Apa penyebab ketiak menjadi gelap?

 

Menurut The Healthy, ketiak yang gelap biasanya disebabkan oleh penggunaan kosmetik atau deodoran yang tidak tepat, yang mengubah warna kulit ketiak. Selain itu, hiperpigmentasi pada kulit bagian dalam juga dapat menyebabkan ketiak yang gelap, terutama jika kulit mengalami iritasi akibat gesekan atau tergores saat bercukur.

 

Namun, perlu diwaspadai bahwa ketiak yang gelap juga bisa menjadi gejala dari akantosis nigrikans, kondisi medis yang menandakan adanya masalah kesehatan, mulai dari obesitas hingga diabetes, seperti yang dilaporkan oleh Medical News Today.

 

Acanthosis nigrikans (AN) dapat menyebabkan penggelapan kulit atau penebalan di area tubuh lain seperti leher dan selangkangan. AN mempengaruhi sebagian besar orang, dengan prevalensi yang bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti usia, ras, dan berat badan.

 

Masalah kesehatan yang mungkin menjadi penyebab ketiak gelap:

 

1. Resistensi insulin: Ketiak gelap seringkali terkait dengan resistensi terhadap insulin, yang dapat berujung pada diabetes tipe 2.

 

2. Obesitas: Orang dengan berat badan berlebih cenderung mengalami penggelapan kulit di ketiak dan area tubuh lainnya.

 

3. Gangguan hormonal: Sindrom ovarium polikistik (PCOS), tiroid yang kurang aktif, atau kelainan hormonal lainnya dapat meningkatkan risiko AN.

 

4. Faktor genetik: AN bisa menjadi kondisi yang diturunkan dalam keluarga.

 

5. Kanker: Meskipun jarang terjadi, AN juga bisa menjadi gejala dari tumor kanker di organ dalam seperti perut atau hati. Bentuk AN yang terkait dengan kanker disebut acanthosis nigrikans maligna.

Tinggalkan Balasan