Kenali Jurus Shokuiku ala Orang Jepang, Pola Makan Cegah Perut Buncit

Jakarta, KabarBerita.id — Banyak cara untuk menurunkan berat badan. Cara diet orang Jepang satu ini rasanya patut ditiru.

Namanya shokuiku. Pada dasarnya shokuiku adalah filosofi orang Jepang yang dimaksudkan untuk mendorong kebiasaan makan yang sehat. Kebiasaan ini pada ujungnya diharapkan dapat membantu mengontrol berat badan.

Jika diterjemahkan, ‘shokuiku’ berarti ‘pendidikan makanan. Mengutip berbagai sumber, pola makan ini pertama kali dikembangkan oleh Sagen Ishizuka, seorang dokter yang juga menciptakan diet makrobiotik.

Dilansir Healthline, shokuiku fokus pada membangun kebiasaan makanan yang sehat. Salah satunya adalah menerapkan konsep mindful eating.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa praktik mindful eating dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan secara signifikan.

Shokuiku mendorong seseorang untuk lebih banyak mengonsumsi makanan padat nutrisi dan menghindari makanan olahan.

Jurus shokuiku untuk menjaga berat badan
Pada dasarnya, shokuiku bisa dilakukan secara sederhana. Berikut di antaranya.

1. Fokus pada rasa kenyang
Alih-alih menghitung kalori seperti yang diterapkan kebanyakan jenis diet, shokuiku justru mendorong seseorang untuk makan secara intuitif dan fokus pada perasaan kenyang.

Hal ini melibatkan isyarat lapar dan belajar mengenali kapan Anda merasa kenyang.

Shokuiku juga menerapkan konsep ‘hara hachi bun me’, yaitu gagasan bahwa Anda harus berhenti makan saat sudah 80 persen merasa kenyang.

2. Konsumsi makanan utuh
Shokuiku menekankan pentingnya makanan utuh yang sehat, termasuk buah, sayur, kacang-kacang, dan biji-bijian.

Daftar makanan di atas kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh, termasuk protein dan serat yang berperan penting dalam menurunkan berat badan.

3. Harus bisa menikmati semua jenis makanan
Banyak program diet yang fokus untuk menghilangkan atau membatasi asupan makanan tertentu. Sementara shokuiku justru menyoroti pentingnya menikmati beragam makanan sebagai bagian dari pola makan yang sehat.

Setiap piring idealnya harus terdiri dari nasi atau sumber karbohidrat lainnya, sayur, dan sumber protein yang baik.

Shokuiku juga mendorong Anda untuk mencoba menyiapkan makanan dengan cara yang berbeda, seperti memanggang, menggoreng, atau merebus. Hal ini membuat diet jadi lebih beragam.

4. Berbagi makanan dengan orang lain
Shokuiku juga memandang bahwa makanan dapat membantu memperkuat hubungan sosial dan meningkatkan kesejahteraan emosional serta mental.

Untuk alasan satu ini, penting bagi Anda berbagi makanan dengan orang lain jika memungkinkan.

Tinggalkan Balasan