Ke Semarang Jangan Lupa Kunjungi Goa Tirta Mulya

Semarang, KabarBerita.id — Mau wisata tak biasa di dalam gua? Anda wajib datang ke objek wisata Goa Tirta Mulya, lokasi yang unik dan bentuk tak biasanya akan membuat takjub. Gua buatan manusia ini memiliki panjang 135 meter dan lebar lima meter, dan view akhir yang tak akan pernah Anda temukan di objek wisata gua lain, penasaran?

Sungguh beruntung Jawa Tengah yang memiliki gua ini, yang sejak beberapa tahun belakangan viral. Dampaknya, semakin banyak wisatawan yang datang kesana untuk membuktikan langsung keindahan gua tersebut. Dilansir dari www.pengindolan.com, simak berikut ini informasinya.

Lokasi

Gua ini terletak di Kota Semarang, tepatnya Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan. Perjuangan menuju lokasi terbilang cukup menantang, dengan lama perjalanan sekitar satu dari sentral Kota Semarang.

Kalau Anda mau lewat Jalan Raya Semarang – Surakarta bisa langsung menelusuri jalan Raya Semarang menuju Yogyakarta, jarak tempuhnya juga satu jam. Tapi kalau Anda berada di kawasan Tembalang, bisa pakai tol Tembalang arah Ungaran dengan jarak tempuh sekitar 39 kilometer, dan waktu tempuh sekitar 75 menit.

Harga Tiket Masuk

Karena area gua terletak satu kawasan dengan objek wisata Sidomukti, maka harga tiketnya sama yaitu Rp.5.000/orang, baik dewasa maupun anak-anak. Sedangkan di pintu masuk gua Anda tak akan dikenakan biaya tambahan.

Biaya lain yang juga harus dipersiapkan adalah parkir kendaraan roda empat Rp. 10.000/unit, sedangkan motor Rp. 5.000/unit. Selain itu tak ada biaya lainnya yang akan Anda keluarkan, kecuali ingin menyantap makanan di sekitar kawasan wisata.

Yang perlu diingat, untuk harga tiket tidak ada perubahan di hari biasa maupun hari libur. Hanya saja kalau Anda datang di hari libur atau akhir pekan, tentu harus sabar antri bayar tiket sebelum masuk, sebab pengunjungnya jauh lebih ramai.

Jam Buka

Biasanya Goa Tirta Mulya buka setiap hari, mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB. Jadi Anda bisa datang pada rentang waktu tersebut dan nikmati keindahan goa kekinian yang punya sejarah sendiri itu.

Tapi kalau Anda mau santai dan nyaman mengeksplorasi keindahan goa yang alamatnya mudah dicari ini, sebaiknya datang jangan di akhir pekan. Dan usahakan sebelum jam 10.00 WIB atau sore hari, karena waktu tersebut dipastikan ramai pengunjung, sehingga esensi liburan santai tak akan maksimal.

Fasilitas

Selain keindahan sebuah objek wisata, fasilitas pendukungnya juga selalu diperhatikan. Apakah bisa menunjang kegiatan wisata jadi lebih nyaman dan berkualitas atau tidak. Untungnya gua yang berada di ketinggian ratusan meter dari permukaan laut ini punya fasilitas memadai, diantaranya adalah:

  • Parkir Kendaraan

Fasilitas parkir yang disediakan pengelola cukup luas, bisa menampung puluhan kendaraan roda empat dan roda dua. Semakin cepat Anda datang, kemungkinan mendapatkan lokasi parkir strategis akan semakin besar. Pelayanan tukang parkirnya juga tergolong ramah.

  • Anjungan Tunai Mandiri (ATM)

Kekurangan duit saat mau mencoba wahana lain di sekitar Goa Tirta Mulya? Jangan khawatir karena terdapat ATM bersama di jalan menuju objek wisata, dengan jarak sekitar 500 meter. Anda tinggal mampir dulu sebelum sampai di tujuan, atau jalan kaki menuju  ATM saat kehabisan uang.

  • Tempat Makan

Tepat di atas goa trapesium ini, Anda bisa menikmati berbagai hidangan lezat khas Jawa dan Indonesia. Harganya juga tergolong murah untuk para wisatawan, yang membuat semakin puas adalah tempat makan ini buka hingga malam hari.

  • Toilet

Jangan khawatir kalau kebelet pipis, Ada beberapa toilet umum yang tersedia untuk Anda. Kebersihannya juga lumayan terjaga, dan bisa digunakan  selama area wisata ini buka.

  • Tempat Ibadah

Tersedia juga fasilitas tempat ibadah mungil di salah satu sisi objek wisata Goa Tirta Mulya dan sekitarnya. Bagi muslim bisa digunakan untuk shalat ketika waktunya tiba.

Goa Tirta Mulya

Goa yang dibangun tahun 2009 ini memang diperuntukkan sebagai objek wisata tambahan di Sidomukti. Karena pengelola ingin mengeksplorasi maksimal keindahan Gunung Ungaran yang merupakan view di ujung goa yang diincar para pengunjung. Terutama yang ingin mengabadikan momen indah lereng gunung hijau tersebut.

Baca Juga: Pondok Kopi Umbul Sidomukti

Menelusuri gua buatan terbaik di Jawa Tengah ini memang cukup membuat deg-degan, karena walaupun penerangan cukup bagus, bagi yang takut gelap harus pakai senter tambahan.  Namun itulah sensasi utamanya, karena usai cemas langsung dihibur dengan pemandangn indah yang tak terlupakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here