Kapolda-Kapolres Sowan ke Ormas yang Suka Buat Keributan, Jokowi Buka Suara

Jakarta, KabarBerita.id — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam arahannya kepada Kepala Kesatuan Wilayah Polri dan TNI di Bali, Jumat (3/12), mengaku heran ada sejumlah Kapolda hingga Kapolres yang baru dilantik, sowan ke pimpinan organisasi masyarakat (ormas) yang dikenal sering terlibat keributan.

Jokowi melontarkan pertanyaan kepada jajaran kepolisian yang hadir dalam acara tersebut, “Saya sudah lama sekali ingin menyampaikan, ada Kapolda baru, ada Kapolres baru, datang kepada pimpinan ormas yang sering membuat keributan. Benar ini?”

Usai Jokowi melemparkan pertanyaan tersebut suasana mendadak hening, tidak ada respon atas pertanyaan tersebut. Sejenak mengambil jeda, akhirnya Jokowi melanjutkan arahannya.

Jokowi menceritakan salah satu Kapolres sempat mengaku kepadanya bahwa hal tersebut dilakukan supaya kotanya kondusif. Jokowi memperingatkan agar Polri harus memiliki kewibawaan. Dengan sowan kepada pelanggar hukum berarti telah menggadaikan kewibawaan polisi.

Dalam acara itu, Jokowi juga berpesan agar polisi dapat melindungi dan membantu masyarakat yang lemah dan membutuhkan, serta masyarakat yang biasanya terpinggirkan dalam hukum, seperti pedagang kecil. Jangan diskriminasi terhadap yang lemah.

Tinggalkan Balasan