Jokowi Tak Tinjau Jalan Rusak, Warga Kecewa Tanjung Jabung Timur Jambi

Jakarta, KabarBerita.id — Sejumlah warga kecewa karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) batal meninjau jalan rusak yang berada di Kecamatan Geragai dan Mendahara, Tanjung Jabung Timur, Jambi, Selasa (16/5).

“Kecewa kita. Kita mau menengok Pak Jokowi saja. Kita pagi-pagi sudah pulang dari kebun. Cepat-cepat ke sini,” ujar Slamet, warga Desa Lagan Tengah, Geragai.

Slamet mengaku ingin menyampaikan langsung ke Jokowi kerusakan jalan di wilayahnya membuat kendaraan sampai terjebak lumpur dan kemacetan lalu lintas.

“Banyak yang rusak. Bagaimana pembangunan semacam ini? Dilanjutkan atau tidak. Jalan rusak ini sampai terpuruk mobil, akibatnya macet. Susah membawa pinang kalau musim hujan,” ujarnya.

Kekecewaan ini juga disampaikan oleh Tia. Ia sengaja berjalan kaki dari rumahnya hampir dua jam agar bisa bertemu Jokowi.

“Kecewa. Jalan kaki ke sini satu setengah jam. Kami berharap Pak Jokowi memperbaiki jalan, dan bisa menaikkan harga pinang, kelapa, sawit, dan sebagainya,” katanya.

Jalan yang batal ditinjau itu memiliki panjang sekitar 17 kilometer. Di sepanjang jalan ini terdapat lubang yang cukup dalam sehingga berisiko merusak kendaraan yang lewat.

“Pak Presiden rencananya meninjau lokasi jalan di Kecamatan Geragai dan Camat Mendahara, itu luasnya sekitar 17 kilometer. Kalau yang ingin diperbaiki sepanjang berkisar 9 kilogram,” kata Kepala Kecamatan Geragai, Iduar Aidi.

Di lapangan terdapat truk bermuatan kelapa sawit yang mengalami patah as roda. Bahkan, jalan rusak ini berpotensi membuat kendaraan terbalik.

Aidi mengatakan jalan tersebut mengalami rusak berat sejak akhir 2022 karena kerap dilalui truk besar bermuatan sawit, ditambah curah hujan yang tinggi.

“Sering hujan. Kemudian awal tahun 2023, pun hampir setiap hari hujan. Ditambah lagi panen yang sekarang ini sedang maksimal,” katanya.

Meski tak meninjau jalan di Tanjung Jabung Timur, Jokowi tetap melihat langsung sejumlah jalan rusak di Jalan Ruas Kota Jambi-Sungai Gelam hari ini.

Ia juga mengunjungi Pasar Tradisional Talang Banjar, SMK Negeri 4 Kota Jambi, dan Pelabuhan Talang Duku.

Tinggalkan Balasan