Berita  

Ini Cara Terhindar Dari Virus Corona

Gorontalo, KabarBerita.id– Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo menganjurkan warga menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk menghindari infeksi virus corona, yang menimbulkan wabah di Kota Wuhan, China.

Kasie Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Irma Cahyani Ranti di Gorontalo, Jumat, mengatakan penerapan PHBS seperti mencuci tangan menggunakan sabun setiap kali selesai maupun melakukan aktivitas serta menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin penting mencegah penularan virus.

“Selain itu dianjurkan agar segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat bila mengalami gejala demam, batuk, sesak dan gangguan pernapasan. Demikian pula jika memiliki riwayat perjalanan dari negara terjangkit dalam waktu empat belas hari sebelum timbul gejala,” katanya.

Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo sudah menerima Surat Edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan tentang Kesiapsiagaan Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Penyakit Pneumonia dari Negara Republik Rakyat Tiongkok ke Indonesia.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda E. U. Nalole mengatakan langkah-langkah pencegahan dan antisipasi penyebaran penyakit pneumonia telah dilakukan sesuai Standar Prosedur Operasional yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan, termasuk pengamatan peningkatan kasus pneumonia di wilayah provinsi dan kabupaten/kota.

“Dengan sumber daya yang ada, kami akan memaksimalkan penyebaran informasi melalui media sosial maupun media mitra agar informasi terkait penularan dan pencegahan serta penanggulangan kegawatdaruratan sampai ke masyarakat,” katanya.

Tinggalkan Balasan