Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, Israel Tak Lolos Kualifikasi

Jakarta, KabarBerita.id — Indonesia resmi jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 dan dalam turnamen tersebut Israel dipastikan tidak tampil karena tidak lolos kualifikasi.

Israel yang berlaga di zona UEFA gagal lolos ke Piala Eropa U-17 2023 yang juga jadi kualifikasi Piala Dunia u-17 2023. Lantaran mereka tak tampil di Piala Eropa U-17 2023, peluang mereka untuk melaju ke Piala Dunia U-17 2023 menjadi tertutup.

Dalam kualifikasi menuju Piala Eropa U-17, Israel sempat berhasil lolos ke elite round. Namun di babak elite round, Israel tidak bisa bersaing dengan Serbia, Bosnia Herzegovina, dan Belarusia sehingga harus puas jadi juru kunci.

Nama Israel cukup jadi sorotan terkait status tuan rumah Indonesia di ajang di bawah naungan FIFA. Sebelumnya, status tuan rumah Piala Dunia U-20 milik Indonesia yang sedianya digelar pada Mei lalu dicabut oleh FIFA jelang waktu pelaksanaan.

Penolakan terhadap Israel yang disuarakan secara terbuka oleh beberapa pejabat publik diyakini punya andil besar di balik keputusan yang diambil oleh FIFA. PSSI sudah berusaha keras untuk meyakinkan FIFA agar membatalkan keputusan tersebut namun FIFA sudah mengambil keputusan dengan bulat.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga langsung berangkat menemui FIFA terkait pencabutan status tuan rumah tersebut. Berkat pendekatan dan lobi tersebut, Indonesia bisa terhindar dari ancaman sanksi berat lantaran gagal jadi tuan rumah kompetisi FIFA.

Beberapa bulan setelah pencabutan status tuan rumah tersebut, Indonesia resmi ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Turnamen Piala Dunia U-17 ini merupakan kelompok umur satu tingkat di bawah Piala Dunia U-20.

Tim-tim yang punya tradisi sepak bola kuat dan sudah memastikan diri lolos ke Piala Dunia U-17 2023 adalah Inggris, Prancis, Jerman, Argentina, dan Brasil.

Tinggalkan Balasan