Ganjar Pranowo Bahas Peran Wapres: Bukan Hanya Ban Serep

Jakarta, KabarBerita.id — Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menanggapi pernyataan Ma’ruf Amin tentang peran wakil presiden, menekankan pentingnya menjalin relasi yang efektif antara presiden dan wakil presiden. Ganjar menyatakan bahwa tugas presiden dan wakil presiden dapat disepakati, dan ia telah bersepakat dengan Mahfud MD untuk membagi tanggung jawab, khususnya dalam urusan hukum.

 

“Kesepakatan yang bisa dibangun adalah bagaimana skala prioritas pekerjaan dan kewenangan masing-masing capres dan cawapres,” kata Ganjar di Wonogiri, Jawa Tengah, Jumat (29/12).

 

Ganjar menegaskan bahwa wakil presiden, dalam hal ini Mahfud MD, akan fokus menangani urusan hukum sebagai bagian dari tugasnya. Meskipun begitu, Ganjar memastikan bahwa keputusan akhir tetap menjadi tanggung jawabnya setelah berkoordinasi dengan wakil presiden.

 

“Saya setuju dengan pernyataan Ma’ruf agar tak ada wapres yang merasa seperti presiden. Namun, relasi antara presiden dan wapres dapat dijaga agar wapres tidak hanya menjadi simpanan cadangan,” ujar Ganjar.

 

Ganjar menekankan bahwa wapres bukan sekadar “ban serep” yang tidak terlibat secara aktif, dan ia yakin bahwa komunikasi yang efektif antara presiden dan wakil presiden dapat menjaga keseimbangan tugas dan tanggung jawab keduanya.

Tinggalkan Balasan