Berita  

Fraksi PKS Tangerang Pastikan RS Khusus Corona Aman Buat Warga Sekitar

KABUPATEN TANGERANG, KabarBerita.id – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kabupaten Tangerang memastikan lingkungan sekitar Wisma Griya Anabatic yang dijadikan Rumah Sakit Darurat Covid-19 aman dan steril. Sehingga warga sekitar Perumahan Dasana Indah Bojong Nangka yang jadi pemukiman terdekat Wisma Anabatic tidak terkena dampak penularan penyakit Covid-19.

“Setelah melihat lokasi yang akan digunakan untuk karantina petugas medis dan pasien dengan gejala ringan, maka lokasi yang disiapkan sudah memadai, tempat yg tertutup dan dengan pengamanan berlapis. Mulai tidak keluar kamar, ada pintu setiap blok kamar dan setiap lantai dijaga petugas medis dan aparat keamanan,” kata Ketua Fraksi PKS DPRD Kabupaten Tangerang, Rispanel Arya usai meninjau lokasi Wisma Griya Anabatic bersama Bupati Kabupaten Tangerang Ahmad Zaki Iskandar, di Bojong Nangka, Kelapa Dua, Senin (30/3/2020).

Lebih lanjut Rispanel justru berharap pemerintah khususnya Kabupaten Tangerang dapat menambah tempat karantina selain Wisma Griya Anabatic. Sehingga pasien yang masuk katergori Orang Dalam Pemantuan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tidak disuruh karantina di rumah masing-masing.

“Kalau mandiri di rumah malah akan membahayakan lingkungannya. Karena diragukan kedisiplinan untuk tidak keluar dari kamar atau rumah. Keluarga dan tetangganya berpotensi tertular,” ujar Rispanel.

Sedangkan Anggota Fraksi PKS yang lain, Hidayatullah yang turut hadir dan menjadi wakil dari konstituen masyarakat di Kelapa Dua memastikan aspek-aspek lingkungan sekitar Wisma Griya Anabatic aman dan steril.

“Kekhawatiran masyarakat dijawab oleh Bupati dari beberapa aspek, mulai dari kesehatan dan keamanan lingkungan, penanganan pasien, ruang perawatan, tenaga medis hingga penanganan limbah B3,” kata Hidayatullah.

Hidayatullah juga memastikan pemerintah melakukan penyemprotan disinfektan untuk lingkungan masyarakat sekitar Wisma Griya Anabatic.

“Lingkungan masyarakat juga akan dilakukan penyemprotan disinfektan untuk meghindari infeksi semakin meluas,” ungkapnya.

Diketahui, Bupati Kabupaten Tangerang Ahmad Zaki Iskandar beserta jajaranya melakukan sosialisasi penggunanaan Wisma Griya Anabatic sebagai Rumah Sakit Darurat Corona yang dihadiri oleh oleh pihak kepolisian, TNI, DPRD dan masyarakat sekitar, Senin (30/3/2020).

Zaki menyampaikan bahwa Rumah Sakit rujukan di Kabupaten Tangerang saat ini sudah tidak menampung pasien dengan gejala Covid-19. Sehingga wisma yang bersebelahan dengan Stadion Benteng Taruna itu digunakan untuk menampung pasien Covid-19. Dengan kapasitas 90 ruangan pasien dan 120 tenaga medis.

Zaki meminta masyarakat sekitar Wisma Griya Anabatic untuk tidak khawatir. Zaki juga meminta masyarakat agar mengikuti arahan pemerintah dalam menyikapi Covid-19.

“Masyarakat yang berdekatan tidak panik karena lokasi yang dipilih akan dibawah pengamanan ketat. Limbah akan ditangani dengan standar limbah B3 rumah sakit,” jelas Zaki. 

Tinggalkan Balasan