Duit ‘Nganggur’ Rp12,9 T Disentil Tito Karnavian, Wagub DKI Beri Penjelasan

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Ahmad Riza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta memberikan penjelasan mengenail simpanan anggaran Rp12,9 triliun. Karena dana mengenap tersebut jadi perhatian Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri di akhir tahun 2021.

Riza mengatakan memang anggaran Pemprov DKI belum seluruhnya terserap. Namun ia berjanji akan menuntaskan penyerapan anggaran sebaik mungkin.

Riza mengakui DKI tak akan mencapai 100 persen penyerapan anggaran dikarenakan adanya pandemi. Namun target serapan anggaran 91 persen lebih baik dibandingan dengan tahun lalu yang mencapai angka 86 persen.

Politikus Gerindra itu juga menyampaikan anggran masih mengendap karena masih proses penyelesaian program. Ia menyebut program DKI tak ingin gegabah dalam mengelola anggaran.

“ Butuh proses yang panjang dan juga teliti, terkadang lelangnya juga harus diulang dan sebagainya, bisa juga batal proses dan kemudian diulang lagi,” ucap Riza.

Mendagri Tito Karnavian sebelumnya telah memanggil sepuluh pemerintah daerah yang punya endapan anggaran. Tito juga menanyakan kenapa anggaran triliunan rupiah ini masih disimpan di bank hingga akhir tahun.

Tito menyapaikan kepada rekan gubernur untuk segera melakukan rakor percepatan belanja, dan kemudian mengklarifikasi simpanan dana pemda di kabupaten wilayah provinsi, Rabu (22/12).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan