Berita  

DPR Nilai COVID-19 Tunjukkan Kelemahan Industri Medis RI

Jakarta, KabarBerita.id — Dengan adanya COVID-19, Presiden Jokowi menjadi tahu kelemahan dan kekurangan industri medis di Indonesia. Anggota Komisi IX DPR, Darul Siska menanggapinya dengan mendorong pemerintah melibatkan kampus untuk melakukan riset sehingga temuan dalam negeri bisa diproduksi massal.

“Yang pertama, tentu kita bersyukur Presiden ternyata melihat ada hikmah di balik pandemi Covid-19 ini. Ini yang harus mulai dibenahi,” kata Darul di Jakarta, Jumat (1/5/2020).

Menurut Darul, setelah menyadari berbagai kelemahan, pemerintah seharusnya merumuskan langkah-langkah jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang untuk mengatasi berbagai kelemahan-kelemahan tersebut.

“Selanjutnya pemerintah menugaskan institusi perguruan tinggi dan lembaga penelitian untuk melakukan penelitian dan menugaskan semua stakeholder bangsa untuk bekerja keras sesuai Tupoksinya memenuhi kebutuhan bangsa dan menutupi berbagai kelemahan kita tersebut,” ujar Darul.

Adapun pengakuan Presiden Jokowi tersebut diungkapkan saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas), Kamis 30 April 2020. Dia mengungkapkan, 95% bahan baku obat masih impor. Hal itu menunjukkan RI sangat bergantung pada pasokan luar negeri.

Tinggalkan Balasan