Disdik Depok Gandeng Organisasi Mitra Wujudkan Zero New Stunting

Depok, KabarBerita.id — Sosialisasi Zero New Stunting di Aula Serbaguna, Lantai 10, Gedung Dibaleka II, Kamis (27/07/23).
berita.depok.go.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok berkomitmen mewujudkan zero new stunting, dengan menggandeng Organisasi Mitra (Ormit), Disdik memiliki berbagai program khususnya pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

“Kami menggandeng Ormit di bawah naungan Disdik, juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk mewujudkan zero new stunting. Program yang bisa dijalankan yaitu pemberian vitamin A, obat cacing, makanan bergizi dan lain sebagainya,” ujar Sekretaris Disdik Kota Depok, Sutarno, usai kegiatan Sosialisasi Zero New Stunting di Aula Serbaguna, Lantai 10, Gedung Dibaleka II, Kamis (27/07/23).

Dikatakannya, rencana tindak lanjut lainnya yaitu mengoptimalkan PAUD Holistik Integratif, bersinergi dengan lintas sektor seperti bunda PAUD, kelurahan, posyandu, puskesmas dan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga).

Kemudian, mengoptimalkan kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) dan parenting serta pendampingan program Unit Kegiatan Sekolah (UKS) pada layanan PAUD.

“Kami juga akan melakukan pendampingan inklusi pada layanan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Mudah-mudahan upaya kita bersama dan didukung mitra terkait, bisa mewujudkan zero new stunting dilingkup Disdik,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) PAUD Disdik Depok, Desy Martini mengatakan, penguatan sosialisasi stunting perlu dilakukan di jenjang PAUD. Karena sasaran posyandu adalah 0-5 tahun, sedangkan usia PAUD di bawah enam tahun.

“Jadi sangat beririsan, dimana usia PAUD itu di bawah enam tahun. Kami tidak bisa bekerja sendiri, harus melibatkan lintas sektor,” ujarnya.

“Saat ini terdapat 1.200 lembaga PAUD, mudah-mudahan melalui program di Disdik bisa men-zero kan stunting di Kota Depok,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan