Deteksi Dini Kanker Prostat Sebelum Terlambat

Jakarta, KabarBerita.id — sebagian besar pria dengan kanker prostat ini tidak memiliki gejala apapun. Biasanya hal ini dikarenakan kanker tumbuh di bagian luar dari prostat sehingga tidak menekan dan menimbulkan gejala.

Padahal kanker prostat merupakan salah satu dari lima kanker terbanyak pada pria. Bahkan presiden ke enam republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pernah didiagnosa mengidap kanker prostat.

Prostat adalah kelenjar kecil berbentuk kenari pada pria yang menghasilkan cairan mani yang berfungsi untuk memelihara sperma terletak di bawah kandung kemih .
Selain pembesaran prostat yang bersifat jinak karena faktor usia, prostat juga dapat menjadi kanker yang bersifat ganas.

Maunya kanker prostat tumbuh perlahan dan terbatas pada kelenjar prostat dan tidak menyebabkan kerusakan serius . Pada tahap lanjut penyakit ini dapat tumbuh agresif dan menyebar dengan cepat ke organ sekitar maupun organ yang lain jauh dari asalnya.

Kanker prostat yang terdekteksi sejak dini memiliki potensi kemungkinan sembuh lebih tinggi.

Gejala Kanker Prostat
Pada tahap awal kanker prostat tidak memberikan gejala sementara pada tahap lanjut dapat menyebabkan beberapa gejala diantaranya , kesulitan buang air kecil, penurunan Pancaran aliran Urin, darah dalam Urin, nyeri tulang, Disfungsi ereksi serta penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.

Faktor pemicu diantaranya usia, riwayat keluarga, obesitas dan merokok.

Tinggalkan Balasan