Cegah PMK Hewan Ternak, Jokowi Perintahkan Mentan Lockdown Zonasi

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Presiden Joko Widodo¬†memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, untuk memberlakukan lockdown zonasi untuk mencegah mutasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menimpa hewan ternak dari satu wilayah ke wilayah lain.

Hal itu dikatakan Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna dalam video di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (9/5).

Tak hanya itu Jokowi juga meminta jajarannya membentuk Satuan Tugas untuk menangani wabah tersebut. Satgas diperlukan agar tahu siapa yang harus bertanggung jawab menangani hal tersebut.

Ia juga menginstruksikan Kapolri Jendral Listyo Sigit untuk melakukan penjagaan ketat di lapangan terkait pergerakan ternak dari daerah ke daerah lain.

Sebagai informasi wabah PMK tengah menyebar di Jawa Timur dengan menular ke hewan ternak seperti sapi. Data mencatat ada 1.247 ekor hewan ternak di Jawa Timur terjangkit wabah PMK. Wabah itu diketahui telah menyebar di empat kabupaten di Jatim yaitu Kabupaten Lamongan, Mojokerto, Gresik dan Sidoarjo.

Menkes Budi Gunadi Sadikin memastikan wabah PMK ini tak menular dari hewan ke manusia. Menurutnya wabah itu hanya menular antara hewan yang satu dengan yang lain.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan