Cara Turunkan Asam Lambung Tanpa Obat

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Ketika asam di lambung naik ke kerongkongan, kita sering kali merasa mual hingga muntah. Penyakit asam lambung dipicu oleh pola makan yang tidak seimbang atau stress.

Baik secara medis maupun alami, pengobatan sudah banyak dilakukan demi mengurangi dan menyembuhkan asam lambung yang sering kali muncul secara tiba-tiba. Akan tetapi, apakah penyakit ini dapat disembuhkan dengan tanpa obat?

Berikut cara menurunkan asam lambung tanpa obat:

1. Makan secara perlahan

Mengutip dari Harvard Health Publishing,kita dianjurkan untuk makan secara perlahan ketika asam lambung sedang naik. Selain itu itu lebih baik kita makan dalam jumlah sedikit tetapi lebih sering.

Terbukti cara tersebut dapat membantu cegah produksi asam lambung yang berlebihan.

2. Menghindari makan makanan tertentu

Kita diwajibkan untuk menghindari makanan yang dapat memicu kenaikan asam lambung seperti makanan tinggi kalori, pedas, yang mengandung bawang, teh, kopi, coklat, dan alkohol serta minuman bersoda.

3. Diet rendah karbohidrat

Dalam beberapa studi menunjukkan bahwa kita dapat meredakan gejala asam lambung dengan diet rendah karbohidrat. Karbohidrat disinyalir bisa sebabkan pertumbuhan bakteri yang yang mengakibatkan tekanan dalam perut meningkat.

sebaiknya kita memilih makanan yang dapat menetralisir asam lambung seperti putih telur, daging tanpa lemak, outmeal, atau sayuran.

4. Menghindari tiduran atau tidur

Saat posisi tiduran atau tidur,biasanya asam lambung akan naik ke kerongkongan dan menimbulkan gejala yang makin berat.

Selain itu posisi tidur yang miring ke kanan menurut studi juga dapat memperparah asam lambung.

Oleh karena itu sebaiknya setelah makan kita posisikan badan dengan duduk atau pun berdiri, jangan langsung berbaring tidur.

5. Mengunyah permen karet

Beberapa studi mendapati bahwa dengan mengunyah permen karet akan membantu menurunkan asam lambung tanpa menggunakan obat.

Permen karet dinilai bisa mengurangi keasaman di kerongkongan karena mengandung bikarbonat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan