Viral  

Bocah yang Fotonya Duduki Tempat Sakral di Pura Akhirnya Minta Maaf


anak duduki patung sakral lalu minta maaf

Jakarta, Kabarberita.id – Bocah yang fotonya viral karena menduduki tempat sakral di sebuah pura akhirnya minta maaf. Lewat akun media sosialnya, dia meminta maaf kepada umat Hindu.

“Untuk yang agama Hindu..saya mengucapkan mohon maaf sebesar-besarnya. Saya tak bermaksud untuk menyinggung perasaan kalian. Tolong maafkan saya,” kata bocah itu di akun medsosnya, Senin (16/10/2017).

Viralnya foto tersebut di media sosial mengundang komentar kritikan dari netizen. Mereka menyayangkan aksi bocah yang berfoto di tempat sakral umat Hindu itu Namun Sures memaklumi karena kemungkinan si bocah tak paham dengan apa yang dilakukannya.

Sures kemudian menjelaskan betapa sakralnya tempat tersebut. Plinggih Padmasana namanya, singgasana Sang Hyang Widi atau Tuhan Yang Maha Esa.

“Yang pasti anak kecil tidak ngerti. Pastikan ada yang nyuruh, dalam artian pasti ada anak lebih dewasa di situ yang mengambil gambar,” ujar Sures saat dihubungi detikcom, Senin (16/10/2017).

“Ketidaktahuan si anak sehingga dia berbuat seperti itu. Kalau dia tahu, saya sih yakin dia tidak akan mungkin melakukan itu,” sambung Sures.

“Itu simbol, dalam Hindu kan (Tuhan) disebut Sang Hyang Widi, Tuhan Yang Maha esa. Pelinggih itu sebagai simbol Tuhan kita,” jelas Sures.

Ketua KPAI Susanto mengatakan agar aksi seperti itu tidak terjadi lagi, perlu edukasi dari guru dan orang tua.

“Guru punya pekerjaan rumah untuk menginternalisasikan nilai-nilai etika kepada semua anak. Ini penting agar anak tidak hanya mampu mengetahui dan menghafal simbol-simbol keagamaan, namun bagaimana anak dibiasakan menghargai simbol-simbol keagamaan, apapun simbol agama itu,” kata Susanto dalam pesan kepada detikcom, Senin (16/10/2017).

 

Tinggalkan Balasan