Berbagi Berkah Ramadan, BPKH Beri Rp12,6 Miliar untuk Umat

Jakarta, KabarBerita.id — Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) telah mengumumkan peluncuran program “Berkah Ramadan Bersama BPKH 1445 H” yang merupakan hasil kolaborasi dengan Mitra Kemaslahatan. Program ini, yang sudah berlangsung selama empat tahun, terus ditingkatkan dalam kualitas dan manfaatnya.

Fadlul Imansyah, Kepala Badan Pelaksana BPKH, menjelaskan bahwa program ini adalah bagian dari komitmen BPKH untuk meningkatkan peran Dana Abadi Umat dalam kemaslahatan umat Islam di Indonesia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas bacaan Al Quran, memberikan akses lebih luas kepada umat Islam untuk mempelajari Al Quran, serta meningkatkan syiar Islam selama bulan Ramadan.

Program ini menggunakan Nilai Manfaat Dana Abadi Umat (DAU), di mana pokoknya tetap dan terus bertambah, sehingga tidak ada dana setoran awal yang digunakan. Total anggaran untuk Program BPKH Berbagi Berkah Ramadan tahun 2024 ini mencapai Rp12,6 miliar.

Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki juga menyambut baik program ini, mengapresiasi peran strategis BPKH dalam pengelolaan dana haji, yang diharapkan dapat memberikan manfaat kepada umat melalui program kemaslahatannya.

Program ini diluncurkan di Jakarta pada tanggal 26 Maret, bertepatan dengan bulan suci Ramadan 1445 H, dan mencakup berbagai program kemaslahatan seperti program buka bersama, pembagian Al Quran, parcel Lebaran, serta program pelatihan dan revitalisasi masjid terminal.

BPKH menjalin kerjasama dengan 12 mitra kemaslahatan dalam penyaluran program ini, yang akan disalurkan ke berbagai daerah di seluruh Indonesia, termasuk daerah minoritas dan masyarakat berkebutuhan khusus. Bantuan program akan disalurkan melalui mitra kemaslahatan kepada penerima manfaat dengan pengawasan langsung dari anggota Badan Pelaksana BPKH dan Wakil Menteri Agama.

Tinggalkan Balasan