Berita  

Belgia Jadi Tim Kedua yang Lolos ke Piala Dunia 2018

PIREAUS, Kabarberita.id – Timnas Belgia memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Kepastian itu didapat setelah mereka menundukkan Yunani dengan skor 2-1. 

Kemenangan Belgia atas Yunani di Karaiskaki Stadium, Piraeus, Senin (4/9/2017) dinihari WIB, ditentukan lewat gol-gol Jan Vertonghen pada menit ke-70 dan Romelu Lukaku pada menit ke-74. Sementara gol Yunani tercatat atas nama Zeca pada menit ke-73. Berkat kemenangan tersebut, Belgia mengumpulkan 22 poin dari delapan laga dan kini memuncaki klasemen Grup H.

Tim asuhan Roberto Martinez itu unggul delapan poin atas Bosnia-Herzegovina yang berada di posisi kedua. Dengan dua laga tersisa, mereka tak akan terkejar lagi. Belgia menjadi tim Eropa kedua yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah tuan rumah Rusia. Dengan kata lain, Belgia-lah tim Eropa pertama yang lolos dari babak kualifikasi.

Kendati tampil mendominasi, Belgia nyaris kemasukan lebih dulu pada menit ke-18. Tembakan keras jarak jauh yang dilepaskan Konstantinos Stafylidis tak bisa dibendung oleh Thibaut Courtois, tapi hanya menghantam tiang gawang.

Setelah babak pertama berakhir dengan skor kacamata, Vertonghen memecahkan kebuntuan pada menit ke-70. Tendangan bek Tottenham Hotspur itu dari luar kotak penalti menggetarkan gawang Yunani yang dikawal oleh Orestis Karnezis.

Namun, Yunani berhasil menyamakan skor tiga menit kemudian. Zeca menyambar umpan silang Georgios Tzavellas dari sisi kiri untuk menjebol gawang Belgia. Pada menit berikutnya, Belgia kembali membungkam publik tuan rumah.

Memanfaatkan crossing dari Thomas Meunier, Lukaku menanduk si kulit bundar untuk membawa timnya memimpin 2-1. Kedudukan tersebut tak berubah hingga laga usai. Belgia pun dipastikan melangkah ke putaran final dengan dua laga tersisa.

Tinggalkan Balasan