Banjir Demak Mulai Surut, 6 Kecamatan Lainnya Masih Terendam

Jakarta, KabarBerita.id — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada enam kecamatan di wilayah Kabupaten Demak, Jawa Tengah masih terendam banjir hingga Kamis (21/3) kemarin.

“Wilayah yang masih terdapat genangan air sebanyak enam kecamatan antara lain Kecamatan Karanganyar, Kecamatan Karang Tengah, Kecamatan Gajah, Kecamatan Wonosalam, Kecamatan Sayung, dan Kecamatan Demak,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangannya, Jumat (22/3).

Kendati demikian, Abdul menyebut ketinggian air di sejumlah wilayah telah mengalami penurunan pada Kamis kemarin.

Di wilayah Kecamatan Karanganyar misalnya, ketinggian air dilaporkan turun hingga 50 cm dari 200 cm. Kemudian, di wilayah wilayah Demak Kota, ketinggian air juga dilaporkan mengalami penurunan sekitar 20 cm.

Di sisi lain, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak juga melaporkan sejumlah pengungsi mulai berangsur kembali ke rumah masing-masing.

“Meski demikian, jumlah pengungsi yang masih bertahan di pengungsian adalah sebanyak 24.436 jiwa dan tersebar di 106 titik pengungsian,” ucap Abdul.

Lebih lanjut, Abdul menyampaikan tim gabungan yang terdiri dari BPBD Kabupaten Demak bersama unsur forkopimda terus bekerja sama dalam penangan darurat banjir serta melakukan pendataan terhadap dampak kerugian materil.

Tim gabungan bersama warga juga telah memulai kegiatan pembersihan lingkungan di wilayah yang telah surut genangannya.

“BPBD Kabupaten Demak mengimbau warga untuk selalu waspada akan potensi banjir susulan juga terhadap binatang-binatang liar seperti ular yang muncul pascabanjir,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan