Balas Sindiran Vietnam, Erick: Mereka Bingung Indonesia Semakin Bagus

Jakarta, KabarBerita.id Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memberikan tanggapan terhadap sindiran bek Vietnam, Do Duy Manh, yang menyebut Timnas Indonesia sebagai tim ‘Belanda’ karena kehadiran banyak pemain naturalisasi menjelang pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 21 dan 26 Maret mendatang.

 

Erick menyatakan bahwa sindiran tersebut menunjukkan kebingungan timnas Vietnam menjelang pertandingan dengan Indonesia. Namun, ia yakin bahwa Vietnam mengakui kemajuan kualitas Timnas Indonesia di bawah kepemimpinan PSSI.

 

“Mungkin mereka merasa bingung melihat perkembangan Indonesia di bawah kepemimpinan [PSSI]. Sama seperti kita dulu bingung melihat Vietnam, sekarang giliran mereka yang bingung melihat kemajuan kita. Tidak masalah, yang penting adalah hasil pertandingan nanti,” kata Erick Thohir di Jakarta, Jumat (15/3).

 

Erick juga menganggap ucapan Do Duy Manh sebagai hal yang wajar. Menurutnya, hal tersebut adalah bagian dari dinamika persaingan sepakbola di level internasional.

 

“Sindiran itu adalah hal yang lumrah. Kita juga pernah merasa bingung melihat mereka karena performa bagusnya. Sekarang giliran mereka yang merasa bingung melihat kemajuan kita. Itu adalah hal yang biasa terjadi dalam sepakbola,” tambahnya.

 

Sebelumnya, Do Duy Manh mengeluarkan sindiran terhadap Timnas Indonesia karena kehadiran banyak pemain naturalisasi dalam skuad, menyebut Indonesia sebagai tim ‘Belanda’. Jumlah pemain naturalisasi Timnas Indonesia meningkat dibanding pertemuan terakhir di Piala Asia 2023, dengan sebanyak 10 pemain naturalisasi yang termasuk dalam skuad, kebanyakan dari keturunan Belanda.

Tinggalkan Balasan