Bahaya Tidur Setelah Sahur

  • Bagikan
Bahaya tidur setelah sahur

Jakarta, KabarBerita.id — Sahur merupakan aktivitas yang dianjurkan untuk dilakukan pada saat menjalani puasa di bulan Ramadhan. Selain memang Sunnah untuk dilakukan,sahur diperlukan supaya kita kuat menjalani ibadah puasa.

Saat santap sahur kita hanya perlu mengonsumsi dengan porsi yang tepat dan nutrisi seimbang. Akan tetapi bagi beberapa orang biasanya berasumsi untuk makan dalam porsi besar agar kuat menjalani puasa. Padahal hal tersebut bukanlah pilihan yang tepat.

Adapun hal lain yang merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari ketika kita sahur,yakni langsung tidur setelah santap sahur. Tidur Setelah sahur dinilai dapat membahayakan pencernaan.

Menurut Profesor dan Kepala Bedah Ortoraks di University of Michigan, Mark B. Orringer, tidur setelah sahur berbahaya bagi kesehatan karena dapat meningkatkan aktivitas asam lambung. Di mana terasa seperti isi perut kembali ke kerongkongan.

Hal tersebut disebabkan karena posisi katup antara kerongkongan dan lambung tidak berfungsi dengan baik. Tubuh kita butuh waktu untuk mencerna makanan. Posisi tegak merupakan posisi ternyaman bagi tubuh untuk mencerna makanan dan akan membuat pencernaan lebih mudah bekerja.

Disarankan bagi kita untuk menunggu sekitar 2 hingga 3 jam setelah makan baru setelah itu boleh kembali untuk melanjutkan tidur. Pada saat tersebut memungkinkan pencernaan bekerja efektif dan makanan sudah berpindah ke usus kecil.

Tidur setelah makan juga memiliki efek buruk Lain bagi kesehatan baik itu bisa menyebabkan gangguan tidur maupun penambahan berat badan.

Oleh karena itu kita sangat dianjurkan untuk tidak langsung kembali tidur setelah melakukan santap sahur.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan