Apakah Kista Bisa Pengaruhi Kehamilan?

Jakarta, KabarBerita.id — Komika Kiky Saputri mengungkapkan bahwa ia mengalami keguguran pada usia kehamilan 10 minggu, seperti yang ia sampaikan melalui unggahan terbarunya di akun YouTube pribadinya. Kiky menjelaskan bahwa salah satu faktor yang menyebabkan kehamilannya hanya bertahan selama 10 minggu adalah adanya kista dalam rahim yang telah ia alami sejak menikah pada awal 2023.

 

Awalnya, Kiky berencana untuk mengangkat kista tersebut ketika ukurannya masih 3,8 sentimeter. Namun, sebelum prosedur tersebut dilakukan, ia malah dinyatakan hamil. Meskipun dokter pada awalnya memastikan bahwa kista tidak akan mengganggu perkembangan janin dan tidak berbahaya, namun seiring berjalannya waktu, kista tersebut mulai menekan area dinding rahimnya dan membesar menjadi 4,6 sentimeter, yang akhirnya berkontribusi pada keguguran yang dialaminya.

 

Kista adalah cairan abnormal yang dapat tumbuh di berbagai organ tubuh, termasuk di rahim. Meskipun kebanyakan kista tidak berbahaya, beberapa jenis kista ovarium dapat memengaruhi kesuburan dan meningkatkan risiko keguguran, tergantung pada jenisnya, seperti endometrioma atau kista ovarium akibat PCOS.

 

Meskipun kista seperti yang dialami Kiky biasanya bersifat jinak dan tidak berpotensi menjadi kanker, penanganannya biasanya melibatkan prosedur bedah atau operasi untuk mengangkat kista tersebut dari lokasi tumbuhannya. Hal ini menggambarkan betapa pentingnya pemantauan dan penanganan yang tepat terhadap kondisi kista dalam hubungannya dengan kehamilan.

Tinggalkan Balasan