Apakah Bahaya untuk Kesehatan Apabila Sering Kebelet Kencing?

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Buang air kecil beberapa kali dalam sehari memang sesuatu yang dibilang normal. Akan tetapi tidak apabila Anda terlalu sering kencing.
Dorongan untuk buang air kecil berkali kali atau di luar batas normal biasanya dapat menjadi gejala dari sejumlah kondisi medis.

Misalnya bagi ibu hamil sering buang air kecil adalah normal. Namun bagi orang lain terlalu sering buang air kecil dapat menandakan kondisi tertentu seperti Diabetes, kandung kemih yang terlalu aktif, infeksi saluran kemih atau masalah pada prostat.

Menurut dokter spesialis urologi Nur Rasyid,
Seseorang dapat mengalami sering buang air kecil sepanjang hidupnya karena berbagai alasan. Kondisi ini bisa berkisar dari masalah kecil yang mudah dikelola sampai masalah yang lebih serius.

Pada umumnya seseorang akan lebih sering kencing karena dipengaruhi oleh asupan air berlebih dari sehari atau bahkan jenis minuman yang diminum.

Selain itu ada banyak kondisi berbeda yang dapat menyebabkan seringnya buang air kecil. Banyak dari penyebab ini disebabkan berdasarkan usia, jenis kelamin atau bahkan mungkin keduanya.

Pada wanita namanya kandung kemih overaktif, untuk pria bisa jadi pembesaran dalam prostat.

Selain itu ada penyakit lain yang ditandai dengan sering buang air kecil termasuk diantaranya batu kandung kemih dan kencing manis.

Orang yang memiliki diabetes atau kencing manis proses berkemih nya menjadi tidak normal karena pompa kandung kemih nya terganggu.

Seseorang yang mengidap kencing manis biasanya ada rasa tidak tuntas ketika buang air kecil karena terdapat sisa urine dalam kandung kemih.

Lantas berapa banyak intensitas kencing hingga bisa disebut berlebih?

Normalnya seseorang akan buang air kecil sebanyak 4-8 kali sehari. Lebih dari itu kemungkinan besar ada masalah yang mendasarinya.

Rasyid juga menganjurkan setiap orang untuk membuat voiding diary atau buku catatan kemih untuk mencatat intensitas buang air kecil.

Catat berapa frekuensi minum dan apa saja yang diminum. Setelah itu catat juga berapa sering buang air kecil dalam sehari.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan