Antisipasi PMK, Dinas Pertanian Payakumbuh Periksa Seluruh Ternak

  • Bagikan

Payakumbuh, KabarBerita.id — Dinas Pertanian Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akan melakukan pengecekan ke seluruh hewan ternak yang akan masuk ke Pasar Ternak di daerah itu untuk mencegah masuknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kepala Dinas Pertanian Kota Payakumbuh Depi Sastra di Payakumbuh, mengatakan bahwa pihaknya telah membentuk tim untuk mengecek hewan yang akan masuk di pasar ternak pada Minggu (15/5).

Ia menambahkan dalam tim tersebut akan ada dokter hewan dan petugas lainnya, sehingga bisa dilakukan pengecekan kepada hewan yang datang. Bagi yang dari luar daerah juga harus melampirkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

Ia mengungkapkan jika saat pemeriksaan nantinya ada hewan yang terindikasi atau memiliki ciri-ciri terjangkit PMK pihaknya akan melakukan isolasi terhadap hewan tersebut.

Hewan yang terindikasi terjangkit akan diisolasi dan akan diberikan penanganan di kandang yang dimiliki. Ini merupakan langkah untuk antisipasi agar tidak tersebar ke hewan lainnya.

Selain itu, tim yang sudah dibentuk tersebut juga akan melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh peralatan-peralatan yang ada di pasar ternak.

Pada kesempatan itu pihaknya juga akan memberikan sosialisasi kepada pemilik ternak terkait ciri-ciri dan antisipasi jika hewan terkena PMK.

Menurutnya hingga saat ini Dinas Pertanian Kota Payakumbuh belum menemui hewan ternak di daerah tersebut yang terjangkit atau terindikasi terjangkit PMK.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan