Berita  

Aktivis: Pemerintah Pusat, Tolong Karhutla Jangan Dilupakan

Jakarta, KabarBerita.id — Koalisi Indonesia Bergerak menyerukan darurat kemanusiaan telah terjadi di Indonesia akibat bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) selama 2019.

Koordinator Institut Hijau yang tergabung dalam koalisi tersebut, Chalid Muhammad mengatakan pihaknya meminta pemerintah melakukan repons cepat tanggap terhadap bencana yang telah merenggut hak warga negara untuk mendapatkan kehidupan yang layak dan sehat.

“Ada dua hal yang ingin kami sampaikan. Yang pertama respons emergency, yang kedua perbaikan tata kelola supaya ini tidak lagi terus,” kata Chalid di kantor Eksekutif Nasional Walhi, Jakarta Selatan, Selasa (24/9).

Chalid menyebut pihaknya tidak melihat keberadaan pemerintah terutama kementerian dalam melakukan penanganan darurat terhadap masyarakat yang terdampak.

Menurutnya ada tiga kementerian yang bertanggung jawab yakni Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan dan Pertanian. Ia mengatakan Kemendagri mestinya bisa membuka kantor-kantor untuk penampungan masyarakat.

“Pertama Mendagri, dalam situasi yang seperti sekarang tempat terdekat yang representatif untuk para korban dan kelompok rentan mencari rumah aman bernafas itu adalah kantor desa dan kantor kelurahan,” kata dia.

“Karena kalau meninggalkan lokasi terlalu jauh pengalaman selama ini masyarakat enggak mau,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan