Chappy Hakim: Indisipliner Penyebab Utama Kecelakaan Pesawat

0
2 views

Jakarta, KabarBerita.id — Ketidakpatuhan atau indisiplin menjadi salah satu penyebab kecelakaan pesawat. Baik itu disiplin internal maskapai penerbangan dan disiplin pengawasan yang dilakukan pemerintah.

Pengamat penerbangan, Chappy Hakim mengatakan, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya kecelakaan penerbangan di Tanah Air.

Pertama, disiplin diri yang tinggi (internal maskapai). Disiplin diri yang tinggi dijelaskannya bisa membuat semua masalah penerbangan bisa diatasi.

“Sebenarnya refleksi disiplin pelaku penerbangan itu mudah. Pesawat on time, akibat dari banyaknya penumpang. Kita sering juga dengar dari media, kadang-kadang delay itu terkadang chaos, dan kemudian petugasnya kabur,” sebut Chappy dalam diskusi bertajuk “Awan Hitam Penerbangan Kita” di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (3/11).

Faktor kedua, pengawasan penerbangan yang dilakukan oleh regulator, dalam hal ini Kementerian Perhubungan. Pengawasan penerbangan yang ketat akan mampu membuat sebuah maskapai untuk memperketat pengawasan penerbangan di internal.

“Harus ada pengawasan yang tinggi,” tekan Chappy yang juga mantan KSAU.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here