Wales dapat Kartu Merah Pertama di Piala Dunia 2022

Jakarta, KabarBerita.id — Kiper Wales, Wayne Hennessey menjadi pemain pertama yang mendapat kartu merah di Piala Dunia 2022 saat Wales kalah dari Iran di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Jumat (25/11).

Hennessey mendapat kartu merah pada menit ke-86 setelah melakukan pelanggaran brutal terhadap pemain Iran Mehdi Taremi pada menit ke-84.

Hennessey keluar kotak penalti untuk duel perebutan bola melawan Mehdi Taremi. Taremi berhasil mendapatkan bola dan kiper 35 tahun itu kemudian menerjang hingga melakukan pelanggaran keras terhadap Taremi.

Semula, wasit Mario Alberto Escobar Toca asal Guatemala hanya memberi kartu kuning untuk Hennessey. Keputusan wasit membuat para pemain Iran murka.

Namun wasit Toca mengubah keputusannya setelah melihat VAR. Hennessey pun mendapat kartu merah langsung karena melanggar Taremi.

Hennessey yang memperkuat Nottingham Forest di Premier League menjadi pemain pertama yang mendapat kartu merah di Piala Dunia 2022. Untuk kali pertama sejak Piala Dunia 1986 tidak ada kartu merah setelah matchday pertama.

Hennessey menjadi kiper ketiga yang mendapat kartu merah dalam sejarah Piala Dunia, menyusul Itumeleng Khune dari Afrika Selatan vs Uruguay di Piala Dunia 2010, dan Gianluca Pagliuca dari Italia saat melawan Norwegia di Piala Dunia 1994.

Sejurus kemudian Wales langsung memasukkan Danny Ward untuk mengganti Hennesey. Gareth Bale dan kawan-kawan terpaksa menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain.

Kartu merah Hennessey membuat Wales kelimpungan. Iran kemudian mencetak dua gol telat saat injury time melalui Roozbeh Cheshmi dan Ramin Rezaeian.

Kekalahan dari Iran membuat peluang negara Wales lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 semakin tipis. Karena Wales akan melawan Inggris pada laga terakhir Grup B, Rabu (30/11) dini hari WIB.

Tinggalkan Balasan