Vatikan Buka Penyelidikan 251 Kasus Pedofilia di Gereja Spanyol

Jakarta, KabarBerita.id — Vatikan telah membuka penyelidikan atas adanya dugaan 251 kasus pedofilia yang terjadi di gereja Spanyol. Sebelumnya kasus ini telah diinvestigasi oleh kantor berita El Pais.

Dikutip dari AFP gereja membuka penyelidikan yang sebelumnya belum terjadi di Spanyol. 251 anggota kependetaan dan juga sejumlah oragnisasi dituduh telah melakukan pelecehan seksual kepada anak dibawah umur dan telah diselidiki selama tiga tahun.

Tuduhan ini ditulis dalam laporan yang terjadi sejak tahun 1943 hingga tahun 2018, kemudian diserahkan kepada paus.

Kongregasi ajaran Iman Vatikan dimana bertanggung jawab untuk menyelidiki tuduhan itu, tidak dapat mengkonfirmasi pembukaan penyelidikan kepada AFP.

Disisi lain Konferensi Episkopal Spanol telah menyatakan bahwa mereka menegaskan akan kembali berkomitmen dan berkeinginan untuk investigasi segala macam kasus kekerasan. Badan ini juga memberikan dukungannya kepada para korban supaya mau melapor.

Jubir konfrensi Episkopal Spanyol mengatakan bahwa sejak tahun 2001, Vatikan telah menerima sebanyak 220 laporan adanya kasus pelecehan seksual.

Pada beberapa bulan yang lalu, komisi investigasi independen telah melaporkan setidaknya ada 3.200 pastor pejabat Gereja Katolik Prancis yaki Pedofil dan telah melakukan pelecehan terhadap anak sejak tahun 1950.

Tinggalkan Balasan