Berita  

Usir China, Duterte Tantang AS Kirim Pasukan ke Laut China Selatan

Filipina, KabarBerita.id — Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, menantang Amerika Serikat untuk mengirimkan militer ke Laut China Selatan jika benar-benar ingin mengusir Beijing dari wilayah sengketa.

“Jika Amerika benar-benar ingin mengusir China, yang tentu saja tidak dapat saya lakukan, saya akan meminta bantuan. Saya ingin semua pasukan Seventh Fleet dari Angkatan Bersenjata AS di sana,” ujar Duterte seperti dilansir Inquirer.

Seventh Fleet sendiri merupakan bagian dari pasukan Pasifik AS yang berbasis di Jepang. Pasukan ini merupakan satuan militer terbesar yang dikerahkan AS di kawasan.

Duterte melontarkan tantangan ini sebagai tindak lanjut atas permintaannya agar AS “melepaskan tembakan pertama” dan menyatakan perang dengan China di tengah kisruh sengketa lahan LCS.

Filipina dan AS memang terikat dengan Kesepakatan Pertahanan Bersama yang mewajibkan kedua belah pihak saling mendukung jika salah satu negara diserang.

Pernyataan ini membuat sejumlah pihak bingung dengan pendirian Filipina di bawah komando Duterte. Saat baru naik takhta, Duterte terlihat mengubah haluan kebijakan negara dengan mendekatkan diri ke China dan menjauh dari AS sebagai sekutu lama mereka.

Duterte bahkan sempat mewacanakan membeli senjata dari China dan mengusir pasukan AS dari Filipina.

Tinggalkan Balasan