Usai Dapat Bocoran Sirkuit Mandalika, Yamaha Semangat

Jakarta KabarBerita.id — Usai mendapat bocoran terkait karakter Sirkuit Mandalika, Kepala mekanik tim Pata Yamaha, Phil Marron, mengaku bersemangat menjelang race terkahir World Superbike (WSBK) 2021.

Menurutnya, timnya sangat terbantu usai mendapatkan informasi dari Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) dan perancang trek Sirkuit Mandalika karena bisa mengatur rencana supaya bisa tampil baik.

“Tim kami sudah melakukan simulasi di Yamaha dengan informasi dari FIM fan perancang trek sehingga bisa mengetahui kecepatan puncak. Dari situ kami bisa memperoleh ide serta peralatan apa yang akan digunakan disetiap tikungannya,” kata Marron.

Dari informasi tersebut Marron akan menentukan penggunaan gearbox enam atau lima untuk kedua pembalapnya Toprak Razgatlioglu dan Andrea Locatelli. Namun tetap harus melihat treknya dahulu dan melihat perubahan elevasi di trek, serta akan menunggu untuk membuat keputusan akhir tentang persneling.

Ia menambahkan hingga sesi latihan bebas, timnya belum mengetahui secara pasti apakah trek akan cocok dengan Yamaha, namun pengaturan dasar Toprak secara umum sudah dapat diprediksi.

Marron mengaku optimis bahwa settingan motor Toprak akan bisa mengejutkan di WSBK Indonesia di Sirkuit Mandalika.

Settingan motor Yamaha dijelaskan Marron tidak segesit Yamaha lain, namun dipastikan lebih baik dibanding para rival. Hal tersebut yang membuatnya menjadi pengaturan yang bagus serta akan mudah diaplikasikan ke Toprak. Sehingga Toprak dapat lebih berkonsentrasi mempelajari trek dan meningkatkan kecepatan.

Ia berharap Toprak dapat berkonsentrasi dalam melakukan pekerjaannya dan tidak memiliki kejutan yang buruk.

Seri Mandalika adalah penentu gelar juara lantaran menjadi seri terkahir WSBK musim ini. Balapan akan digelar mulai Jumat (19/11) hingga Minggu (21/11) mendatang yang dibagi kedalam tiga balapan di tiap serinya yaitu Race 1 dan Race 2 serta Superpole Race.

15 pembalap terdepan akan mendapatkan poin pada race 1 dan 2. Sedangkan di superpole Race hanya sembilan pembalap yang berhak mendapatkan poin.

Usai balapan baru bisa mengetahui juara musim ini antara Toprak Razgatlioglu (PATA Yamaha) atau Jonathan Rea (Kawasaki Racing).

Saat ini Toprak memiliki 531 poin dan memimpin klasemen sementara. Ia unggul 30 poin dari rival sekaligus sang juara bertahan, Rea.

Tinggalkan Balasan