Upss Belum 5 Menit! Makanan yang Jatuh ke Lantai Apakah Aman Dimakan?

Jakarta, KabarBerita.id — “Belum lima menit!” Ketika potongan makanan kesukaan terjatuh ke lantai, itulah ucapan yang mungkin sering Anda ucapkan atau dengar. Banyak orang beranggapan jika makanan diambil dalam waktu kurang dari lima menit, maka makanan tersebut masih aman untuk dimakan. Dalam batas waktu tersebut kuman dan bakteri belum menempel di permukaan makanan dan aman untuk dikonsumsi. Benarkah demikian?

Jawabannya adalah tidak. Dikutip dari Times of India, makanan yang bersentuhan dengan permukaan yang terkontaminasi, bahkan dalam waktu 1 detik, sudah membuat sejumlah bakteri menempel.

Makan makanan yang sudah jatuh, berisiko terkena diare serta keracunan makanan. Meskipun permukaan lantai tampak bersih, tapi tidak dapat dipastikan berapa banyak orang yang telah berjalan kaki dan kuman yang menempel di lantai itu.

Mungkin kuman dan bakteri tidak berbahaya bagi semua orang, tetapi dapat menjadi ancaman besar bagi beberapa orang. Diantaranya bagi anak-anak, orang tua atau lansia, wanita hamil, dan orang dengan autoimun.

Selain itu, tidak ada studi ilmiah yang mendukung aturan “belum 5 menit”. Jadi, kita harus berpikir dua kali sebelum mempercayainya.

Tinggalkan Balasan