Berita  

UAE Ingin Bangun Lagi Masjid Bersejarah yang Dihancurkan ISIS

Mosul, KabarBerita.id — Uni Emirat Arab (UAE) pada Ahad (11/3) menawarkan untuk membangun kembali Masjid Jamie An-Nuri, yang bersejarah, dan terkenal karena menara miringnya, kata Pemerintah Irak.

Satu pernyataan dari Kantor Perdana Menteri Irak Haider Al-Abadi mengatakan Duta Besar UAE untuk Irak Hassan Ahmed Ash-Shihi mengajukan permohonan tersebut atas nama negaranya ketika ia diterima oleh Al-Abadi di kantornya.

Sheikh Mohammed bin Zayed An-Nahyan, Putra Mahkota Abu Dhabi, menggagas tawaran untuk membangun kembali Masjid An-Nuri dan mengara Al-Hadbaanya, salah satu tonggak sejarah paling terkenal di Kota Tua Mosul, yang porak-poranda, kata pernyataan itu.

Ash-Shihi mengatakan seorang utusan khusus dari UAR akan datang ke Baghdad untuk tujuan itu, kata pernyataan tersebut, sebagaimana dilaporkan Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Senin pagi.

Pada gilirannya, Al-Abadi mengkonfirmasi keinginan Irak untuk memperkuat hubungan dengan UAE dengan dasar kepentingan timbal-balik rakyat kedua negara, katanya.

Mosul, 400 kilometer sebelah utara Ibu Kota Irak, Baghdad, telah dikuasai oleh gerilyawan fanatik IS sejak Juni 2014, ketika pasukan pemerintah meninggalkan senjata mereka dan melarikan diri, sehingga memungkinkan petempur IS menguasai banyak bagian Irak Utara dan Barat.

Pada 21 Juni 2017, petempur IS meledakkan Masjid An-Nuri di Mosul dan Menara Al-Hadbaa, sementara pasukan Irak mendesak ke dekat Masjid di sisi barat Mosul itu.

Tinggalkan Balasan