Tulang Kuda Ditemukan di Proyek Revitalisasi Benteng Kraton

Yogyakarta, KabarBerita.id — Sebuah kerangka tulang kuda ditemukan di titik penemuan kerangka manusia di lokasi galian proyek revitalisasi Benteng Keraton Yogyakarta, Jalan Suryomentaraman Wetan, Panembahan, Kecamatan Keraton, Kota Yogyakarta.

Kasi Humas Polresta Yogyakarta, AKP Timbul Sasana Raharjo menyebut kerangka kuda dan kerangka manusia itu ditemukan tercampur di satu lokasi.

“Itu infonya gabung sama kerangka kuda. Gabung ada kerangka kuda,” kata Timbul saat dihubungi, Rabu (10/8).

Ia tak memberikan informasi detail menyangkut kerangka kuda itu. Namun, menurutnya, kondisinya sudah sangat rapuh dan langsung hancur saat diangkat.

“Sudah remuk itu begitu diangkat,” ujar Timbul.

Ia menduga kedua kerangka ini sudah berusia sudah sangat lama. Di satu sisi, Polresta Yogyakarta juga tidak sedang mengantongi informasi orang hilang.

Namun Timbul menekankan untuk kepastian dari temuan kerangka ini masih harus menunggu hasil identifikasi dari Rumah Sakit Bhayangkara Polda DIY.

Sebelumya sebuah kerangka manusia ditemukan di lokasi proyek revitalisasi Benteng Keraton Yogyakarta, Jalan Suryomentaraman Wetan, Kecamatan Keraton, Kota Yogyakarta, Selasa (7/8) kemarin. Kerangka tersebut ditemukan di lokasi galian untuk fondasi oleh salah seorang pekerja proyek.

Ketua RT 55 Suharti menjelaskan lokasi penemuan kerangka ini dahulunya hanya pekarangan kosong. Mulai tahun sekitar 1970 wali kota saat itu mengizinkan untuk didirikan bangunan tinggal hingga kios yang kemudian dirobohkan setelah perintah pengosongan 8 Juli 2023 lalu.

Sementara Ketua RW 14 Kurniawan menyebut kerangka itu ditemukan di kedalaman 1,5 meter dalam lokasi galian. Dia menuturkan bahwa kejadian penemuan kerangka tulang macam ini bukan yang pertama di wilayahnya.

Temuan ini tak terlalu mengherankan bagi Kurniawan. Pasalnya, menurut dia, tak sedikit lahan di area dalam benteng yang zaman dahulu merupakan pekarangan dipakai menjadi lokasi pemakaman.

Tinggalkan Balasan